Pembangunan SDM Jadi Sasaran Program Pemkab Pessel

×

Pembangunan SDM Jadi Sasaran Program Pemkab Pessel

Bagikan berita
Pembangunan SDM Jadi Sasaran Program Pemkab Pessel
Pembangunan SDM Jadi Sasaran Program Pemkab Pessel

KUPASONLINE.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menegaskan keberhasilan pembangunan kini tidak hanya berkaca pada pertumbuhan ekonomi (PE) dan investasi semata, tapi lebih pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Kepala Bappeda Hadi Susilo menyampaikan pola pembangunan seperti itu sejalan dengan visi-misi pembangunan Pesisir Selatan saat ini yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 yang berorientasi pada pembangunan sumber daya manusia.

“Manusia tidak hanya subjek atau pelaku, tapi sekaligus objek atau sasaran pembangunan itu sendiri. Artinya, memberdayakan, bukan memperdaya,” ungkapnya di Paiinan, Senin 24 Juni.

Rusma Yul Anwar resmi menjabat sebagai bupati pada Februari 2021 setelah menang telak menumbangkan petahana dengan perolehan 58 persen suara pada Pilkada 2020.

Sebagai mantan seorang guru, ia menjadikan pembangunan kualitas sumber daya manusia sebagai visi, karena menurutnya generasi penerus bangsa di Pesisir Selatan mesti memiliki daya saing tangguh.

Ia ingin anak bangsa menjadi tuan di rumahnya sendiri, jangan sampai menjadi tamu, bahkan penonton. Potensi besar yang dimiliki daerah harus dikelola sendiri agar kedaulatan itu nyata.

Hadi melanjutkan visi itu direalisasikan dalam bentuk perluasan cakupan layanan kesehatan dan pendidikan gratis, utamanya bagi warga kurang mampu, sesuai kewenangan yang dimiliki daerah.

Saat ini nyaris 90 persen masyarakat Pesisir Selatan telah memiliki jaminan layanan kesehatan gratis. Pemerintah kabupaten juga memberi beasiswa bagi siswa bagi keluarga kurang mampu.

“Sadar atau tidak, pola pembangunan ini berdampak signifikan terhadap seluruh indikator makro di Pesisir Selataan. Dalam 3,5 tahun terakhir, semua tumbuh positif,” tutupnya. (Zan)

Baca juga berita Kabupaten Pesisir Selatan lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini