Pelukis Asal Payakumbuh Adri Sandra Apresiasi Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural

×

Pelukis Asal Payakumbuh Adri Sandra Apresiasi Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural

Bagikan berita
Pelukis Asal Payakumbuh Adri Sandra Apresiasi Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural
Pelukis Asal Payakumbuh Adri Sandra Apresiasi Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural

KUPASONLINE.COM -Seorang seniman, budayawan, sastrawan dan pelukis asal Luak Limopuluah (Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh Kota) Adri Sandra menyebutkan Mural adalahlengkap beserta sejarah dan perbedaannya dengan Graffiti.

Mural Berasal dari kata "Murus", kata dari bahasa Latin yang berarti dinding. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Mural berarti lukisan pada dinding.

"Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya,"ujar Adri Sandra kepada media online ini di Payakumbuh, Jumat 21 Juni 2024.

Ditambahkan Adri Sandra, yang telah banyak melahirkan lukisan-lukisan hebat dan indah itu, Mural juga dianggap sebagai lukisan manusia pertama dan tertua, karena lukisan pertama kali di temukan terdapat di dinding gua zaman purba hampir di seluruh dunia.

Mural sebagai lukisan besar yang dibuat untuk mendukung ruang arsitektur. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian.

"Mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar,"jelas pelukis hebat Payakumbuh itu.

Terhadap adanya rencana Pemko Payakumbuh akan mengadakan lomba Mural, pemafatan dinding gelanggang pacuan kuda, hal tersebut sangat positif, dan sangat luar biasa, kapan perlu temanya digiring oleh panitia pelaksana, agar pesan moralnya tercapai.

"Untuk itu, saya atas nama seorang seniman dan pelukis memberikan apresiasi buat Pemko Payakumbuh, semoga lomba Mural yang akan digelar tersebut sukses, kemudian juga diharapkan kerjasama dengan insan seni Payakumbuh,"harapnya.

Terpisah, Pj. Walikota Payakumbuh melalui Sekretaris Daerah kota Payakumbuh Rida Ananda kepada wartawan di kantor Balaikota, Jumat 21 Juni 2024 membenarkan pihaknya akan menggelar lomba Mural, direncanakan dalam rangka menyambut HUT RI ke 79.

Dijelaskannya, kemaren Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh sedang menggelar rapat persiapan lomba Mural di aula Ngalau Lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Kamis 20 Juni 2024.

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
Terkini