Harapan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Terhadap Generasi Muda di Pessel

×

Harapan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Terhadap Generasi Muda di Pessel

Bagikan berita
Harapan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Terhadap Generasi Muda di Pessel
Harapan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Terhadap Generasi Muda di Pessel

KUPASONLINE.COM - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar yang berlatarbelakang sebagai seorang pendidik ternyata sedari awal sejak memegang tampuk kekuasaan telah memiliki harapan luhur untuk generasi muda di daerah setempat.

"Saya fokus ke sektor pendidikan tanpa mengesampingkan sektor fundamental lainnya, kendati demikian saya mengakui bahwa sebagian masyarakat menanggap kebijakan tersebut keliru," kata Rusma Yul Anwar di Painan, Kamis, 20 Juni 2024.

Rusma menambahkan, dengan terkonsentrasinya energi daerah pada sektor pendidikan, maka diharapkan tepat 100 tahun kemerdekaan Indonesia akan ada anak-anak Pesisir Selatan yang berkiprah di tingkat nasional, dan diperhitungkan dalam setiap pengambilan keputusan besar.

Dirinya memperkirakan pada rentang 20 atau 25 tahun kedepan jumlah penduduk Indonesia dan Pesisir Selatan akan batambah 30 sampai 45 persen dari jumlah saat ini.

"Dalam situasi itu, maka paya-upaya memperebutkan sumber ekonomi semakin terlihat, hal itu karena ketersediaan sumber daya alam yang semakin menipis, pada situasi tersebut saya menginginkan anak-anak Pesisir Selatan memiliki kemampuan untuk memenangkan kompetisi, itu yang sedang saya persiapkan hari ini," katanya.

Setiap melaksanakan kunjungan kerja kampung - kampung, dirinya mengaku kerap terenyuh memandangi sorot mata anak yang sepertinya memendam cita-cita besar, namun apa daya mereka sepertinya dipaksa menyerah oleh keadaan.

"Mereka sepertinya minder untuk bersaing dengan anak-anak yang bermukim di wilayah yang kondisinya lebih maju dan mendukung," ucapnya.

Dalam situasi tersebut, Rusma selalu menyempatkan diri memotivasi anak-anak, salah satunya dengan berpesan agar mereka tetap melanjutkan pendidikan, karena kelak estafet pembangunan akan ada ditangan mereka.

"Dengan sekolah mereka akan menjadi generasi yang handal, mereka akan mampu membangun jembatan dan gedung dengan perhitungan yang matang serta lebih moderen, Insya Allah pada saat itu generasi Pesisir Selatan akan menjadi tontonan karena kehebatannya bukan lagi sebagai penonton," tutupnya. (Zan)

Baca berita terkait Kabupaten Pesisir Selatan lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini