Debit Air Puncak Sago Kian Meningkat, Berpotensi Tumpah Dalam Waktu Dekat

×

Debit Air Puncak Sago Kian Meningkat, Berpotensi Tumpah Dalam Waktu Dekat

Bagikan berita
Bupati Safaruddin ketika mengantarkan bantuan langsung ke daerah terdampak bencana di Tanah Datar, Rabu 19 Juni 2024.
Bupati Safaruddin ketika mengantarkan bantuan langsung ke daerah terdampak bencana di Tanah Datar, Rabu 19 Juni 2024.

KUPASONLINE.COM - Menanggapi hal yang mungkin atau yang tidak mungkin terjadi, seperti bencana alam dan musibah lainnya, Bupati kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo langsung memerintahkan Kalaksa BPBD Rahmadinol segera berkoordinasi dengan BPBD Tanah Datar.

"Kepala Pelaksana (Kalaksa) bersama jajarannya untuk segera melaksanakan pemetaan di kecamatan Situjuah Limo Nagari, Luak, dan Lareh Sago Halaban yang berada di sekitaran Gunung Sago,"ujar bupati Safaruddin ketika mengantarkan bantuan langsung ke daerah terdampak bencana di Tanah Datar, Rabu 19 Juni 2024.

Mitigasi bencana secara holistik sangat dibutuhkan selain penanganan darurat bencana dan pasca bencana untuk perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana alam tersebut.

Dijelaskan bupati Safaruddin, kami datang kesini bersama Perangkat Daerah dan Baznas sebagai bentuk kepedulian atas musibah bencana alam banjir, golodo dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah kabupaten Tanah Datar dan kabupaten Agam pada (11/05) lalu.

Rombongan Pemkab Limapuluh Kota diterima langsung bupati Tanah Datar Eka Putra beserta jajaran di gedung Indo Jalito, Pendopo rumah dinas bupati Tanah Datar.

Selain bantuan barang dan makanan, Pemkab Limapuluh Kota juga memberikan bantuan uang tunai senilai Rp100.000.000

Bupati Safaruddin dalam sambutannya menambahkan bahwa pemerintah dan masyarakat Limapuluh Kota sangat peduli dan prihatin terhadap musibah yang dialami masyarakat Tanah Datar. bupati Safaruddin berharap bantuan tersebut dapat meringankan penyintas bencana di Tanah Datar.

Semoga Tanah Datar kembali bangkit pasca bencana yang melanda 14 nagari di 6 kecamatan yang menelan korban jiwa 32 orang dan menghanyutkan 197 rumah. Saya yakin Tanah Datar akan bisa bangkit kembali, Kami di Limapuluh Kota merupakan saudara dan akan selalu bersama.

"Seperti diketahui, bencana banjir bandang yang terjadi di Agam dan Tanah Datar juga merusak banyak fasilitas umum. Kami yakin pihak-pihak terkait saat ini terus bekerja sama agar penanganan bencana ini dapat berjalan dengan baik, sehingga dampak bencana ini dapat segera diperbaiki,"ujar bupati Safaruddin.

Sementara itu, bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan, kedatangan bupati Limapuluh Kota beserta rombongan sebagai 'sitawa dan sidingin' bagi masyarakat Tanah Datar.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini