Pemerintah Daerah bersama Kemenag Limapuluh Kota Memiliki Komitmen Kuat Membumikan Pembangunan

×

Pemerintah Daerah bersama Kemenag Limapuluh Kota Memiliki Komitmen Kuat Membumikan Pembangunan

Bagikan berita
Pemerintah Daerah bersama Kemenag Limapuluh Kota Memiliki Komitmen Kuat Membumikan Pembangunan, disampai Kakan Kemenag Limapuluh Kota Irwan, Senin 17 Juni 2024.
Pemerintah Daerah bersama Kemenag Limapuluh Kota Memiliki Komitmen Kuat Membumikan Pembangunan, disampai Kakan Kemenag Limapuluh Kota Irwan, Senin 17 Juni 2024.

KUPASONLINE.COM - Kepala kantor Kemenag, kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Irwan mengatakan pemerintah daerah bersama Kemenag Limapuluh Kota memiliki komitmen yang kuat untuk terus membumikan visi dan misi pembangunan daerah yaitu mewujudkan Limapuluh Kota Madani.

Hal tersebut disampaikannya, ketika gema takbir mengalun syahdu di seantero negeri mengiringi perayaan Idhul Adha 1445 H, tak terkecuali di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian kawasan IKK Sarilamak, Senin pagi 17 Juni 2024.

"Untuk tahun ini kita telah melaksanakan shalat Idul Fitri dan Idul Adha di RTH ini dengan harapan dapat menjadi simbol pembangunan peradaban masyarakat Limapuluh Kota yang beriman, berilmu dan berbudaya,"ucap Irwan.

Irwan menambahkan, bahwa sampai saat ini terdata 4.567 hewan qurban yang merupakan qurban masyarakat Limapuluh Kota di seluruh nagari.

"Kita semua tentu berharap semangat berkurban masyarakat Limapuluh Kota dapat kita tingkatkan di masa yang akan datang, berkurban merupakan simbol keikhlasan umat untuk meraih taqwa,"ulasnya.

Pantauan media ini, dipagi gemilang itu, lantunan takbir itu bersumber dari seribuan masyarakat Sarilamak dan sekitar yang berduyun-duyun datang untuk melaksanakan Ibadah Shalat Idul Adha.

Gelaran Solat Iedul Adha ini difasilitasi pemerintah kabupaten Limapuluh Kota bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat dan Kemenag Limapuluh Kota. Momen solat Ied menjadi yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Pemkab Limapuluh Kota di RTH setelah diselenggarakan pada momen Sholat Idul Fitri bulan April lalu.

Dibayangi cuaca mendung, bertindak sebagai Khatib Prof.H.Syafruddin M.Ag dan Imam Ustadz Bakri yang bertindak sebagai Khatib. Solat Idul Adha juga diikuti bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, ketua DPRD Deni Asra, Sekretaris Daerah Herman Azmar, kepala kantor Kemenag setempat Irwan, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, para Asisten serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Limapuluh Kota.

Kemudian, bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo sesaat sebelum Sholat Idul Adha mengajak seluruh umat muslim di Limapuluh Kota untuk menjadikan Ibadah Idul Adha sebagai momentum untuk mengingatkan kembali bahwa hidup ini takkan pernah sepi dari proses perjuangan dan pengorbanan.

“Pengorbanan tersebut harus dengan niat yang ikhlas bertujuan berbagi dengan keluarga terdekat hingga masyarakat,"ucap bupati Safaruddin.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini