Pemko Bukittinggi Gelar UpacaraHari lahir Pancasila 2024

×

Pemko Bukittinggi Gelar UpacaraHari lahir Pancasila 2024

Bagikan berita
Upacara peringatan hari Pancasila tahun 2024 di Balai Kota Bukittinggi
Upacara peringatan hari Pancasila tahun 2024 di Balai Kota Bukittinggi

KUPASONLINE.COM - Sebagai agenda nasional dan diperingati seluruh Indonesia, Sabtu (1/6/2024) Pemko Bukittinggi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ikuti upacara hari lahir Pancasila.

Upacara dilaksanakan di halaman Balai Kota Bukittinggi, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Wali Kota, Marfendi.

Dalam amanatnya, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, selaku inspektur upacara, menyampaikan, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila itu menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Wawako menambahkan, pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dilanjutkan Marefendi, rakyat Indonesia, harus dapat merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila untuk menyatukan cita-cita dan langkah ke depan.

Pancasila ini adalah jiwa yang baru yang menghidupkan menggelorakan negeri ini.

Tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara, ataupun tujuan bangsa namun turut menjadikan sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Editor : Ikhwan Salim
Bagikan

Berita Terkait
Terkini