Rehab Rumah Nenek Nurbaina, Mensos RI Turunkan Tim Khusus

×

Rehab Rumah Nenek Nurbaina, Mensos RI Turunkan Tim Khusus

Bagikan berita
Rehab Rumah Nenek Nurbaina, Mensos RI Turunkan Tim Khusus
Rehab Rumah Nenek Nurbaina, Mensos RI Turunkan Tim Khusus

KUPASONLINE.COM - Rumah nenek Nurbaina (84), warga Jorong Sawahlaweh, Nagari Tungkar, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, yang viral di media massa dan media sosial, mendapat perhatian khusus dari Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rishmarini.

Mantan Walikota Surabaya itu bahkan menurunkan tim khusus untuk menangani nenek Nurbaina, Jumat 14 Juni 2024.

Tim khusus yang diturunkan Mensos Tri Rismaharini itu terdiri dari Khanifah (Direktorat Rehabilitasi Sosial Lansia), Nurman (Direktorat Jaminan Sosial), dan Rika (Direktorat Pemberdayaan Kelompok Adat Terpencil). Mereka sudah mendatangi kediaman nenek Nurbaina sejak Rabu 12 Juni 2024.

"Kami ditugaskan langsung oleh Ibu Mensos untuk datang langsung ke rumah Nenek Nurbaina,"sebut tim khusus ini kepada Walinagari Tungkar Yusrizal Dt Pado. Sehari sebelum tim Menteri Risma ini turun, Kemensos pada Selasa sore (11/6) juga menurunkan tim Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang ke rumah nenek Nurbaina.

Kedatangan kedua tim Kemensos ini turut didampingi kepala dinas Sosial Limapuluh Kota Indra Suryani bersama sejumlah Kabid dan pendamping Program Kelurga Harapan (PKH). Selain itu, juga turut menemani fungsional Penyuluh Sosial Dinas Sosial SumbarMulyadi.

Selain melihat kondisi rumah yang dihuni nenek Nurbaina bersama putranya Aswir, (64), dan melihat rumah yang dihuni pemuda disabilitas yatim piatu bernama Afrianton atau Kanto Uk Ek (43), tim Kemensos juga membawa nenek Nurbaina dan Aswir, menjalani pemeriksaaan kesehatan di Puskesmas Situjuah dan RSUD Adnaan WD.

Setelah itu, merekamengajak Aswir, melihat lokasi lahan pertanian atau peternakan yang bisa dijadikan Aswir sebagai sumber ekonomi kedepan, untuk menghidupi dirinya dan ibunya Nurbaina.

Ratusan Warga Goro, Bupati Antar Bantuan

Saat tim Kemensos yang ditugaskan langsung oleh Menteri Tri Rismaharini mengantar Nenek Nurbaina dan putranya Aswir, menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Adnaan WD Payakumbuh pada Kamis pagi (13/6). Ratusan warga Nagari Tungkar dibantu personel BPBD Limapuluh Kota, Polsek Situjuah Limo Nagari, dan Koramil Luhak, bergotong-royong membongkar rumah yang dihuni Nenek Nurbaina dan rumah yang dihuni Afrianto atau Kanto Uk Ek.

Rumah Nurbaina dan rumah Kanto Uk Ek yang kondisinya tidak layak huni, dibongkar warga secara bergotong-royong, untuk kemudian dibangun kembali dengan menggunakan dana bantuan atau donasi yang digalang pemuda bersama pemerintah nagari. Saat gotong royong, warga juga menebang pohon manggis yang sudah mulai berlobang dan tumbuh di sekitar permukiman Suku Chaniago tersebut.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini