Proyek IKN 'Nusantara': Membangun Masa Depan Indonesia dengan Energi Hijau

×

Proyek IKN 'Nusantara': Membangun Masa Depan Indonesia dengan Energi Hijau

Bagikan berita
Proyek IKN 'Nusantara', Membangun Masa Depan Indonesia dengan Energi Hijau
Proyek IKN 'Nusantara', Membangun Masa Depan Indonesia dengan Energi Hijau

KUPASONLINE.COM - Proyek Ibu Kota Negara (IKN), yang diberi nama "Nusantara", adalah usaha yang sangat strategis untuk seluruh negeri.

Saat ini, proses pembangunannya berjalan sangat cepat, dengan 11 ribu pekerja yang disiapkan dan satu jembatan informasi yang selesai dalam satu malam.

"IKN emang tak henti dibully para netizen, tapi IKN tetap must go on, jadi 100 persen waoo, IKN menjadi kawasan tersibuk yang ditata apik, tetap menyemburkan energi hijau, pasti 10-20 tahun lagi ke IKN terasa ada di planet lain kita," ujar Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Adrian Tuswandi saat jurnalis trips ke IKN bersama Forum Wartawan Parlemen (FWP) Sumbar, Selasa 11 Juni 2024.

IKN terletak di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), terbaru IKN dikelola oleh Otarita Ibu Kota Negara (OIKN) bertanggungjawab kepada Presiden saat ini diketuai Plt OIKN Menteri PUPR Basuki.

"OIKN punya tugas 4P, (persiapan, pembangunan, pemindahan dan penyelenggaraan)," ujar Direktur Pemberdayaan Masyarakat OIKN Dr. Conrita Ermanto, M.Si.

Conrita Ermanto menjadi fasilitator Trips jurnalis ke IKN. "Ya Pak Conrita diminta bantu oleh Pak Pj Gubernur Kaltim Prof Akmal Malik memfasilitasi kunjungan ini," ujar Pemred PadangTV Nasrian.

Rombongan jurnalis Trips ke IKN berangkat dari Samarinda menempuh perjalanan lebih 2,5 jam melewati Tol Samarinda-Balikpapan lalu keluar di pintu Tol Samboja, menelusuri jalan berliku tapi bagus melintasi Kecamatan Sepaku dikoordinir oleh Koordinator FWP DPRD Sumbar Novianto Ucok.

Di lokasi, kesibukan luar biasa para pekerja pembangunan IKN, seperti pembangunan Tower Mabes Polri dan Tower BIN terlihat nyata dari kasat mata.

"Lelah perjalanan punah seketika, saat Pak Conrita mengajak rombongan ke Rumah Technologi, di sini kita melihat amazing nya IKN, kalau sudah oke 100 persen. Kawasan IKN didesain rapi dengan tetap mengedepankan keasrian dan jika dilihat dengan drone nantinya, maka gedung kokoh menjulang di tengah hutan hijau nan asri,"ujar Toaik biasa Ketua JPS ini disapa.

Menurut Conrita, ide dan konsep pembanguan IKN digagas Presiden Joko Widodo adalah untuk kebanggaan masa depan anak bangsa.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini