Wako Solok, Pangan Hal Penting dan Strategis bagi Keberlangsungan Hidup Manusia

×

Wako Solok, Pangan Hal Penting dan Strategis bagi Keberlangsungan Hidup Manusia

Bagikan berita
Wako Zul Elfian Umar (tengah) di acara pembukaan Lomba B2SA di Balairung Rumah Dinas Wali Kota.
Wako Zul Elfian Umar (tengah) di acara pembukaan Lomba B2SA di Balairung Rumah Dinas Wali Kota.

KUPASONLINE.COM - Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, mengatakan, pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis, bagi keberlangsungan hidup manusia.

Kebutuhan manusia akan pangan ujar Zul Elfian Umar, merupakan hal yang sangat mendasar. Sebab, konsumsi pangan adalah salah satu syarat utama penunjang kehidupan.

Wali Kota menyampaikan hal itu, saat membuka secara resmi Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), di Balairung 99 Rumah Dinas Wali Kota Solok, Rabu, 12 Juni 2024.

Lomba ini, dilaksanakan oleh Dinas Pangan Kota Solok, bekerjasama dengan TP- PKK setempat dan diikuti oleh Pokja III TP-PKK Kelurahan se-Kota Solok.

Acara itu, dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati, beserta OPD terkait lainnya.

Lebih lanjut Wali Kota Zul Elfian Umar mengatakan, keberhasilan dalam proses pembentukan sumberdaya manusia, diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan.

Perbaikan pola konsumsi melalui penganekaragaman pangan kata Zul Elfian Umar, diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

" Guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif " tutur Zul Elfian Umar.

Wali Kota juga menyebutkan, untuk Kota Solok, pencapaian Skor Pola Pangan Harapan (PPH) pada tahun 2023 sebesar 88,9 masih dibawah kondisi ideal yaitu sebesar 100.

Hal ini disebabkan, ujar Zul Elfian Umar, karena Pola konsumsi pangan masyarakat Kota Solok yang masih kurang beragam. Dimana konsumsi sayur, buah-buahan, umbi-umbian dan kacang-kacangan masih rendah.

Editor : Riswan Jaya
Bagikan

Berita Terkait
Terkini