Kota Padang Bersiap untuk Swasti Saba Wistara Jelang Penilaian KKS 2025

×

Kota Padang Bersiap untuk Swasti Saba Wistara Jelang Penilaian KKS 2025

Bagikan berita
Kota Padang Bersiap untuk Swasti Saba Wistara Jelang Penilaian KKS 2025
Kota Padang Bersiap untuk Swasti Saba Wistara Jelang Penilaian KKS 2025

KUPASONLINE.COM - Kota Padang mulai mempersiapkan diri untuk Verifikasi/Penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS) yang akan dilaksanakan pada tahun 2025.

Setelah berhasil menerima penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Wiwerda (Perak) pada tahun 2023, ibu kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berharap dapat menerima penghargaan Kota Sehat kategori tertinggi, Swasti Saba Wistara (Emas), pada tahun 2025.

“Alhamdulillah, kita mengapresiasi sekali atas keberhasilan Kota Padang meraih Kota Sehat kategori Swasti Saba Wiwerda di 2023 lalu. Untuk 2025 nanti kita menargetkan bisa naik meraih Swasti Saba Wistara sebagai kategori tertinggi dalam penilaian KKS”.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar sewaktu menggelar rapat koordinasi bersama Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Padang Rukayah Anwar dan jajaran pengurus di Ruang Kerja Pj Wali Kota, Selasa (11/6/2024).

Juga hadir di kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Sri Kurniayati, Kepala DP3AP2KB Kota Padang Eri Sendjaya dan unsur terkait lainnya.

Pj Wako mengatakan, hasil penilaian KKS bukanlah target utama, namun melainkan bonus dari berbagai upaya yang telah dilakukan dalam mewujudkan sebuah kota yang sehat.

“Kita ingin Padang betul-betul menjadi kota sehat sesuai 9 tatanan di dalam indikator penilaian/program KKS. Semoga kita dapat mengevaluasi hasil dari penilaian KKS sebelumnya. Karena yang paling terpenting itu adalah setiap warga Kota Padang memiliki budaya perilaku hidup bersih dan sehat,” tuturnya.

Senada dengan itu, Ketua FKS Kota Padang Rukayah Anwar mengatakan, penghargaan KKS diberikan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan kepada kabupaten/kota yang berhasil menyelenggarakan program 9 tatanan yang menjadi domain dalam program KKS.

“Untuk menyandang gelar kota sehat, setiap kota harus memenuhi sembilan tatanan. Antara lain kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, pemukiman dan fasilitas umum sehat, sekolah sehat, pasar sehat dan pariwisata sehat. Kemudian perlindungan sosial dan pencegahan penanganan bencana, industri dan perkantoran sehat, serta transportasi dan tertib lalu lintas,” jelasnya.

Sebagai persiapan menghadapi penilaian KKS 2025, Rukayah menyebut, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dan evaluasi pada 25 Juni 2024 yang diikuti perwakilan OPD terkait dan instansi vertikal yang terlibat di penilaian KKS.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini