Perjuangan Belumlah Selesai, Limapuluh Kota Wujudkan Jiwa Pembangunan yang Tangguh

×

Perjuangan Belumlah Selesai, Limapuluh Kota Wujudkan Jiwa Pembangunan yang Tangguh

Bagikan berita
Peringatan Koto Tuo Lautan Api di nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Senin 10 Juni 2024.
Peringatan Koto Tuo Lautan Api di nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Senin 10 Juni 2024.

Lalu ada peristiwa pengumuman kabinet PDRI di Halaban 22 Desember 1948. Markas Gubernur Militer di Nagari Kototinggi diserang Belanda dan masyarakat Jorong Ikan Banyak di Kanagarian Pandam Godang yang melancarkan perlawanan di Titian Dalam sehingga menggugurkan 9 Syuhada pada 10 Januari 1949.

Ada lagi peristiwa 15 Januari 1949 saat penyerangan Belanda terhadap pemimpin yang tengah rapat di Lurah Kincia Situjuah Batua, yang menggugurkan pula 69 pahlawan.

"Selanjutnya pada 6 Juli 1949 berlangsung perundingan antara utusan pembawa mandat Pemerintah RI dengan pemimpin PDRI di Padang Japang, dan rapat umum pimpinan PDRI dengan masyarakat di Koto Kociak. Saat itu Mr Sjafruddin Prawiranegara dibawa ke Jogyakarta tanggal 7 Juli 1949,"papar Elsiwa Fajri.

Pada kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Azuhdi Perama Putra, menyebutkan, ini merupakan sejarah penting, dan telah dituangkan dalam peraturan bupati nomor 41 tahun 2018 tentang penyelenggaraan peringatan Hari Bela Negara.

"Seluruh rangkaian peristiwa selama masa perjuangan tersebut selalu kita peringati tiap tahunnya. Kegiatan peringatan ini dihadiri Camat Harau Jeki Mardonal beserta Forkopimca, Pj. Wali Nagari Koto Tuo Elfi Yandri, Babinsa, Babinkantibmas, Niniak Mamak, Bundo Kandung serta tokoh masyarakat,"ujar Pram nama sapaan Azuhdu Perama. (nura)

Baca Juga berita terkait Kabupaten Limapuluh Kota lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini