Padang Membawa Pesona Budaya ke Karnaval Nusantara APEKSI Balikpapan

×

Padang Membawa Pesona Budaya ke Karnaval Nusantara APEKSI Balikpapan

Bagikan berita
Padang Membawa Pesona Budaya ke Karnaval Nusantara APEKSI Balikpapan
Padang Membawa Pesona Budaya ke Karnaval Nusantara APEKSI Balikpapan

KUPASONLINE.COM - Sebagai penutup dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII, Delegasi Kota Padang mengadakan Karnaval Budaya Nusantara di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, dari tanggal 1 Juni hingga 6 Juni 2024.

Kegiatan itu sendiri, yang berlangsung Rabu 05 Juni 2024 malam di Dome BSCC Balikpapan, berlangsung seru dan dihadiri delegasi dari 98 kota di seluruh Indonesia. Masing-masing menunjukkan keragaman budayanya sendiri.

Hadir saat itu Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Walikota Surabaya Eri Cahyadi, bersama Direktur Eksekutif APEKSI Alwi Rustam, Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, serta para Wali Kota peserta APEKSI termasuk Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang juga Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar saat menyaksikan karnaval mengungkapkan apresiasi dan memuji kemeriahan event yang selalu ditunggu pada momentum Rakernas APEKSI tersebut.

“Kita bangga sekali dengan penampilan delegasi Kota Padang di karnaval budaya nusantara ini. Sebelum ini kita juga berpartisipasi pada agenda Indonesia City Expo (ICE) yang juga bahagian dari agenda Rakernas APEKSI XVII Balikpapan,” ungkap Pj Wako bersama Pj Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Walikota Surabaya Eri Cahyadi, juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan karnaval budaya nusantara yang mengusung tema “Merajut Keberagaman Budaya Mendukung IKN” itu.

“Karnaval budaya ini mengingatkan kita bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya, kesenian dan pakaian adat yang berbeda-beda. Kita semua dipersatukan pada karnaval ini,” ucapnya.

Sesuai tema yang diangkat pada karnaval budaya ini, sambung Eri, yaitu merajut keberagaman budaya mendukung IKN (Ibu Kota Negara). “Artinya APEKSI secara solid mendukung pembangunan IKN melalui suasana sukacita. Salah satunya melalui kemeriahan karnaval ini,” sambung Wali Kota Surabaya itu.

Senada dengan itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan rasa bangga karena Balikpapan mampu membuat sejarah yang luar biasa selaku tuan rumah Rakernas APEKSI XVII.

“Karnaval budaya ini menjadi bukti dimana semua kebudayaan kota se-Indonesia dipertontonkan di Kota Balikpapan. Sebuah kebanggaan bagi warga Balikpapan,” tutupnya didampingi Ketua TP-PKK Kota Balikpapan Ny. Nurlena Mas’ud.(*)

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini