Pilih Hewan Kurban Sehat, Hendry : Masyarakat Harus Berperan Aktif

×

Pilih Hewan Kurban Sehat, Hendry : Masyarakat Harus Berperan Aktif

Bagikan berita
Kantor DInas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi
Kantor DInas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi

KUPASONLINE.COM - Seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan Idul Adha 1445, berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Pemko Bukittinggi dan beberapa pihak terkait.

Diminta pada panitia hewan kurban harus jeli dalam memilih hewan sesuai syariah dan anjuran Nabi Muhammad.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Hendry ketika dihubungi Minggu (26/5/2024), karena pelaksanaan kurban merupakan kegiatan tahunan telah dilakukan beberapa persiapan.

Dijelaskan, untuk Hewan itu sendiri harus aktif, punya nafsu makan yang baik, bulunya tidak kusam, kondisi hidung apakah basah atau tidak jika basah berarti kurang sehat, mata bersinar, mulutnya bersih, tidak kurus, disyaratkan harus hewan jantan jangan betina, Cukup umur, untuk sapi diatas dua tahun sedangkan untuk kambing diatas satu tahun.

Ciri paling jelas adalah sepasang gigi seri depannya telah berganti dari gigi susu dan hal inilah yang akan diperiksa tim evaluasi untuk memeriksa kesemua tempat penyembelihan kurban.

Dianjurkan agar masyarakat saat akan membeli hewan kurban untuk meminta Surat keterangan kesehatan hewan, jika belum ada silakan hubungi Dinas pertanian atau puskeswan untuk dilakukan pemeriksaan Kesehatan hewan.

Tim evaluasi akan dibagi lima kelompok dan akan terus bergerak serta diharapkan tidak muncul kasus kesehatan manusia yang muncul karena mengkonsumsi daging kurban.

" Masyarakat juga ikut aktif melaporkan jika ada kejanggalan, semua pelayanan pemeriksaan tidak dipungut biaya alias gratis.

Selain itu, diharapkan masyarakat dapat memperhatikan lokasi pemotongan harus bersih dan sehat, sehingga kondisi daging yang dihasilkan tetap sehat dan higienis dan tidak ada penyakit dan virus yang terbawa," terang Hendry.

(wan)

Editor : Ikhwan Salim
Bagikan

Berita Terkait
Terkini