Minangkabau Halal Festival, Acara Halal Terbesar di Dunia, Akan Kembali Diadakan di UNP

×

Minangkabau Halal Festival, Acara Halal Terbesar di Dunia, Akan Kembali Diadakan di UNP

Bagikan berita
Minangkabau Halal Festival, Acara Halal Terbesar di Dunia, Akan Kembali Diadakan di UNP
Minangkabau Halal Festival, Acara Halal Terbesar di Dunia, Akan Kembali Diadakan di UNP

KUPASONLINE.COM - Minangkabau Halal Festival (MHF) ke-2, acara halal terbesar di Sumatera Barat, akan kembali diselenggarakan di Universitas Negeri Padang (UNP). Festival ini akan berlangsung dari 30 Mei hingga 3 Juni 2024, dan memiliki tujuan untuk meningkatkan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat. Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, UNP Padang, dan Syakaa Organizer, pengorganisir acara nasional, bekerja sama untuk membuat MHF kedua.

Bagi para pelaku usaha, Pusat Kajian Halal UNP, melalui Lembaga Pemeriksa Halal dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal, akan menyediakan program sertifikasi halal yang teratur dan gratis. Selain itu, akan ada pelatihan Jaminan Produk Halal untuk calon auditor, penyelia, dan juru sembelih halal.

Olimpiade Halal bagi siswa SMA/SMK/MA se-Sumatera Barat akan menjadi ajang kompetisi dan kreativitas siswa akan ditangani oleh mahasiswa di Unit Kegiatan Kerohanian (UKK) UNP. Ratusan siswa dari puluhan sekolah telah mendaftarkan diri dan sebagiannya lolos masuk sebagai finalis. Mereka akan berlomba dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Halal, Lomba Cerdas Cermat Halal, Olimpiade Tulis Halal, dan Lomba Kreasi Video Pendek seperti tahun sebelumnya, dengan lokasi acara di FPP UNP.

Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Seminar Kewirausahaan untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), moslem fashion show dan bazar. Program ini melibatkan dekanat FPP dan unit kegiatan mahasiswa binaan Fakultas.

Sebagaimana tahun sebelumnya, 2nd MHF ini juga direncanakan dibuka oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin, dan beberapa menteri juga terkonfirmasi hadir, seperti Mentri Sandiaga Uno dan Menteri Teten Masduki. Demikian juga para ulama, ilmuwan halal, artis pegiat halal, dan pelaku industri halal juga terkonfirmasi hadir, seperti ketua MUI Sumbar, Buya Zulkifli M Ali, Prof. Irwandi Jaswir, Dede Sulaiman, dan lain-lain.

Selain acara diatas, 2nd MHF juga akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti:Pameran produk halal dari lebih dari 100 booth, termasuk kosmetik, busana muslim, makanan, dan properti syariah.Bazar yang menjual berbagai produk halal dengan harga terjangkau.Talk show dan kajian tentang industri halal dan ekonomi syariah.Festival anak sholeh dengan berbagai kegiatan edukatif dan Islami.

MHF ke-2 ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti festival ini, dapat langsung datang ke Auditorium UNP pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2024.(*)

Baca berita terkait UNP lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini