Gagal Bayar di Shopee Pay dan S Pinjam, Ini Yang Harus Kamu Lakukan Hadapi DC Lapangan!

×

Gagal Bayar di Shopee Pay dan S Pinjam, Ini Yang Harus Kamu Lakukan Hadapi DC Lapangan!

Bagikan berita
Gagal Bayar di Shopee Pay dan S Pinjam, Ini Bahaya yang Mengancammu!
Gagal Bayar di Shopee Pay dan S Pinjam, Ini Bahaya yang Mengancammu!

KUPASONLINE.COM - Buat kamu yang mengalami gagal bayar di Shopee Pay dan S Pinjam, apa yang harus kamu lakukan. Apakah hutangmu bisa lunas, apakah benar-benar akan lunas karena ada asuransinya?

Terkait gagal bayar di Shopee Pay dan S Pinjam ini telah dibahas di akun chanel Fintech ID. Admin chanel Fintech ID mengungkapkan Shopee tidak termasuk pinjol yang terdaftar.

Jadi, Shopee masuk ke kategori pendanaan atau pembiayaan, bukan pinjol.

Selama ini banyak yang masih berpikir kalau Shopee itu pinjol ilegal karena di daftar E list OJK. Meskipun begitu, Shopee dan pincul-pincul lainnya yang masuk ke dalam kategori ini tetap legal dan memiliki izin dari OJK. Jadi, tidak perlu khawatir soal itu.

Selanjutnya, tentang risikonya. Menurut admin Fintech ID, risiko utang di Shopee tidak terlalu berat. Bunga dan denda yang dikenakan hampir sama dengan pincul-pincul pada umumnya.

Soal penagihannya, memang sudah ada, tapi belum tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, kalau nominal utang kamu masih sedikit, kemungkinan besar tidak akan didatangi oleh penagih.

Intinya, kalau kamu telat bayar atau gagal bayar di Shopee, tetap tenang. Shopee bukan pinjol, jadi proses penagihannya tidak seberat pinjol pada umumnya.

Meskipun begitu, tetap waspada ya, karena ada oknum-oknum yang mungkin mencoba untuk menakut-nakuti. Tapi ingat, OJK melarang tindakan kekerasan, intimidasi, atau penghinaan dalam proses penagihan.Sebenarnya ada kemungkinan utang kamu akan lunas otomatis.

Pinjol biasanya memiliki asuransi, jadi jika ada nasabah yang gagal bayar dengan kriteria tertentu, utangnya akan otomatis dibayarkan oleh asuransinya. Namun, ini tidak selalu pasti.

Ada probabilitas yang ditentukan oleh berbagai faktor, seperti menjadi korban penipuan atau penyalahgunaan.Jadi, intinya, hampir semua pinjol payl tidak seberbahaya yang kamu pikirkan.

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
Terkini