Bupati Safaruddin Cepat Tanggap, Kunjungi 2 Lokasi Bencana di Tempat Berbeda

×

Bupati Safaruddin Cepat Tanggap, Kunjungi 2 Lokasi Bencana di Tempat Berbeda

Bagikan berita
Bupati H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. SH langsung melihat kondisi jalan/plat duicker yang amblas di Lokuak Panghorangan, Situjuah Ladang Laweh, Rabu 15 Mei 2024.
Bupati H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. SH langsung melihat kondisi jalan/plat duicker yang amblas di Lokuak Panghorangan, Situjuah Ladang Laweh, Rabu 15 Mei 2024.

KUPASONLINE.COM-Usai mengunjungi sungai Batang Sandir yang masih dinormalisasi oleh BWS V Sumatera, nagari Tungkar, kecamatan Situjuah Limo Nagori, kabupaten Limapuluh Kota, Bupati H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. SH langsung melihat kondisi jalan/plat duicker yang amblas di Lokuak Panghorangan, Situjuah Ladang Laweh, Rabu 15 Mei 2024.

Dekat plat duicker yang amblas itu, juga ada badan jalan dan bahu jalan yang terban, tak jauh dari lokasi tanah yang dulu direncanakan dibangun pesantren.

Bupati Limapuluh Kota H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, sepanjang Rabu siang 15 Mei 2024, mengunjungi dua lokasi bencana alam di Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Yakni, lokasi banjir dan luapan lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Tungkar. Kemudian, lokasi jalan/plat duicker yang amblas di Lokuang Pangorangan, Situjuah Ladang Laweh.

Bupati Safaruddin berkunjung ke lokasi bencana, dengan ditemani Kalaksa BPBD Rahmadinol, Camat Situjuah Rumellia dan Kapolsek Situjuah AKP Farzan. Kemudian, Wali Nagari Tungkar Yusrizal Dt Pado, Wali Nagari Situjuah Batua Don Vesky Dt Tan Marajo, Wali Nagari Ladang Laweh Mawardi Dt Sinaro Nan Paneh, dan calon terpilih DPRD Limapuluh Kota, M. Fajar Rillah Vesky.

Selain itu, juga ikut mendampingi Bupati, Ketua KAN Tungkar H. AM Dt Bandaro Kuniang, bersama pengurus Dt Gindo Sinaro, S Dt Bandaro Panjang, Alek Dt Paduko Lobiah, serta tokoh masyarakat Us Pondam. Kemudian, perangkat Nagari Tungkar, perangkat Nagari Situjuah Ladang Laweh, dan Kabid Humas Diskominfo Limapuluh Kota Joni Indra.

Di lokasi banjir lahar dingin Gunuang Marapi, tepatnya di Sungai Batang Sandir, Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengapresiasi Balai Wilayah Sungai (BWS) V Sumatera yang sangat respons dengan bencana. Sehingga melakukan normalisasi sungai Batang Sandir, dalam masa tanggap darurat yang sudah ditetapkan Pemkab Limapuluh Kota, berdasarkan hasil rapat dengan Forkopimda.

Bupati Safaruddin tak lupa mengucapkan apresiasinya dan terimakasih kepada BWS V Sumatera yang sudah menormalisasi Sungai Batang Sandir di Nagari Tungkar, Situjuah Limo Nagari. Kalau bisa, setelah pengerukan, ada pula pemasangan bronjong untuk penahan tebing sungai.

"Kemudian, tentu akan sangat baik, jika tersedia anggaran buat membangun jalan inspeksi di pinggir sungai ini,"kata Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Untuk dua titik kerusakan parah di Lokuak Panghorangan ini, Bupati menyebut, akan dilakukan penanganan bertahap. Untuk plat duicker yang sudah hampir putus, bisa dilakukan penanganan segera. Sedangkan untuk bahu dan badan jalan, perlu dilakukan kajian Dinas PU.

"Terkait dengan jembatan Muaro yang putus di Sungai Batang Sandir, bupati meminta Dinas PUPR dan BPBD melakukan kajian. Jembatan ini dulunya dibangun dengan dana desa. Menghubungkan dua jorong di Tungkar. Putus total karena bencana alam,"ujar bupati Safaruddin.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini