Kepala BNPB dan Gubernur Sumbar Memberikan Informasi Terkait Relokasi Saat Berkunjung ke Posko Bukik Batabuah

×

Kepala BNPB dan Gubernur Sumbar Memberikan Informasi Terkait Relokasi Saat Berkunjung ke Posko Bukik Batabuah

Bagikan berita
Kepala BNPB dan Gubernur Sumbar Memberikan Informasi Terkait Relokasi Saat Berkunjung ke Posko Bukik Batabuah
Kepala BNPB dan Gubernur Sumbar Memberikan Informasi Terkait Relokasi Saat Berkunjung ke Posko Bukik Batabuah

KUPASONLINE.COM - Di kalangan penduduk yang terkena dampak, bencana banjir lahar dingin dan longsor yang terjadi di Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang menimbulkan keprihatinan, terutama bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal mereka karena rumah mereka rusak atau hanyut. Akibatnya, saat Kepala BNPB dan Gubernur Sumbar mengunjungi posko kebencanaan di Bukik Batabuah, Agam, Rabu 15 Mei 2024, pemerintah membuka kesempatan untuk berbicara tentang relokasi warga.

"Pertama, kami membawa pesan belasungkawa dari Bapak Presiden, yang setiap hari memonitor langkah-langkah penanganan yang kita lakukan di Sumbar. Setiap hari beliau menerima laporan dan memberi arahan, dan yang terpenting itu adalah arahan seputar keselamatan masyarakat," ucap Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengawali sambutannya.

Memasuki hari ketiga memimpin penanganan bencana banjir lahar dingin dan longsor di Sumbar, ia menegaskan bahwa telah dilakukan berbagai perbaikan yang hasilnya terus berkembang dari hari ke hari. Termasuk dalam hal mendata kerusakan hunian masyarakat, dan penanganan apa yang perlu dilakukan atas kerusakan-kerusakan tersebut.

"BNPB terus berkoordinasi dengan Pemprov, Pemkab, dan unsur TNI/Polri. Oleh karena itu, pendataan harus segera disiapkan dengan sebaik-baiknya sejak tingkat wali nagari, dibantu Babinsa dan Bhabin Kamtibmas, terus ke atas sampai Bupati dan Gubernur. Sehingga terlihat, mana yang perlu direlokasi dan mana yang tidak," ujarnya lagi.

Bagi warga yang nantinya akan direlokasi, Letjen Suharyanto menegaskan bahwa pemerintah akan membangunkan rumah pada tempat-tempat yang aman, yang lahannya harus disiapkan oleh Pemda setempat. Selama pembangunan rumah berlangsung, warga penerima bantuan juga akan menerima Dana Tunggu Hunian (DTH) selama mereka menumpang tinggal di rumah warga lainnya.

"Namun yang jelas, untuk kerusakan ada skalanya. Rumah yang rusak ringan itu akan dibantu Rp15 juta, rusak sedang Rp30 juta, dan rusak berat Rp60 juta dalam bentuk bangunan. Pemerintah bertanggung jawab untuk hal ini," ucapnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menambahkan, di samping menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat yang tertimpa bencana, pemerintah juga akan segera melakukan normalisasi terhadap sungai-sungai yang berpotensi jadi sumber penyebab banjir lahar dingin di masa yang akan datang. Namun untuk itu, dukungan penuh dari masyarakat juga sangat dibutuhkan.

"Langkah-langkah normalisasi tentu akan memakan sebagian lahan yang kadang merupakan milik warga. Ini tentu kita minta kebijaksanaannya untuk merelakan, karena ini demi kemaslahatan bersama," ucap Gubernur.

Ada pun sekaitan dengan bantuan rumah, Pemprov Sumbar tengah menjalin komunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan Kanwil BPN Sumbar, untuk menentukan titik-titik lahan yang bisa digunakan untuk melakukan relokasi warga. Terutama sekali bagi warga yang tinggal di zona merah atau zona bahaya banjir lahar dingin.

"Bukan itu saja, kita juga akan berupaya mencarikan jalan untuk pembiayaan kuliah anak-anak yang tedampak bencana ini. Termasuk juga bagi warga yang usahanya disapu oleh banjir kali ini, akan kita bantu carikan modal usahanya. Syaratnya, ada catatan lengkap dari wali nagari terkait kondisi warga masing-masing," ujar Gubernur lagi.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini