Guna Meningkatkan Kompetensi Pendidikan, Himpaudi Gelar Parenting Akbar

×

Guna Meningkatkan Kompetensi Pendidikan, Himpaudi Gelar Parenting Akbar

Bagikan berita
Kegiatan parenting akbar Himpaudi kota Payakumbuh yang berlangsung di aula BIB Tuah Sakato, kelurahan Ibuah, Senin 13 Mei 2024.
Kegiatan parenting akbar Himpaudi kota Payakumbuh yang berlangsung di aula BIB Tuah Sakato, kelurahan Ibuah, Senin 13 Mei 2024.

KUPASONLINE.COM-Dalam kegiatan parenting akbar Himpaudi kota Payakumbuh pada Senin 13 Mei 2024, Pj Walikota Payakumbuh hadir bersama sekretaris daerah (sekda) Rida Ananda dan kepala dinas pendidikan Dasril, bersama dengan anggota staf.

Rida Ananda menjelaskan bahwa pemerintah kota Payakumbuh sangat mendukung peningkatan kompetensi para pendidik Himpaudi.

Terutama dalam hal peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia yang dapat menekankan penanaman budi pekerti kepada anak usia dini di kota Payakumbuh.

Mengawali acara dengan penyampaian laporan kegitan yang langsung disampaikan ketua Himpaudi kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman, parenting akbar Himpaudi kota Payakumbuh diikuti guru PAUD, Guru SD kelas rendah, orangtua AUD se-kota Payakumbuh, dan juga terdapat beberapa bunda Paud perwakilan dari kabupaten Limapuluh Kota.

Dengan mengusung tema, “Pengasuhan Cerdas Diera Digital”, Pj Walikota Payakumbuh menyarankan Himpaudi terus meningkatkan kompentensi pendidik dalam setiap penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dengan menyesuaikan kemajuan zaman teknologi, pendidik tetap ditekankan pada pentingnya menanamkan budi pekerti kepada anak didik yang notabene masih dalam usia emas.

“Disarankan kepada Himpaudi Payakumbuh terus meningkatkan kompentensi atau kemampuan pendidik dengan menyesuaikan kemajuan zaman teknologi. Tapi di luar daripada itu, yang menjadi dasar yaitu menanamkan budi pekerti kepada anak sejak usia dini,”ungkap Rida Ananda.

Pentingnya menenanamkan budi pekerti itu, dijelaskannya supaya anak berakhlakul kharimah, berbakti kepada orang tua, saling menyayangi, dan berkemampuan kerja sama antara satu sama lain sejak dini. Pastinya itu semua disampaikan kepada anak usia dini dengan riang gembira, bukan dengan ilmu pengetahuan di luar batas kemampuan usianya.

“Kepada penilik yang purna kami ucapkan apresiasi dan terima kasih atas pengabdiannya selama ini, serta penilik yang baru untuk terus berinovasi supaya Himpaudi bisa berkembang dan bisa meletakkan pondasi yang kuat kepada generasi penerus bangsa ke depan,”ujar sekretrais daerah kota Payakumbuh itu.

Selain itu, diera jaman digital saat ini Rida juga tak menapik minimnya karakter sopan santun anak di tengah kemajuan era teknologi saat ini. Untuk itu, Himpaudi menekankan pentingnya pendidikan karakter yang disampaikan pendidik kepada anak usia dini.

“Sekarang kita ketahui banyak anak yang sopan santunnya kurang karena terlalu asik dengan bermain gawai. Kita tekankan kepada pendidik untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak melalui cara-cara yang ceria seperti dengan bercerita atau story telling,”ucapnya.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini