KPU Solsel Ingatkan Parpol dan Caleg Terpilih Untuk Segera Menyerahkan LHKPN

×

KPU Solsel Ingatkan Parpol dan Caleg Terpilih Untuk Segera Menyerahkan LHKPN

Bagikan berita
KPU Solsel Ingatkan Parpol dan Caleg Terpilih Untuk Segera Menyerahkan LHKPN
KPU Solsel Ingatkan Parpol dan Caleg Terpilih Untuk Segera Menyerahkan LHKPN

KUPASONLINE.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan ingatkan Calon Legislatif terpilih dan pengurus partai caleg terpilih agar segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Pasalnya LHKPN tersebut menjadi syarat mutlak pelantikan para wakil rakyat tersebut. Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 6/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum.

Bahwa tanda bukti LHKPN wajib diserahkan selambat-lambatnya 21 hari sebelum prosesi pelantikan anggota DPRD, " jelas Ketua KPU Solok Selatan, Ade Kurnia Zeli saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (2/5/ 2024) malam.

Ditegaskannya, bahwa nama caleg terpilih yang tak menyerahkan tanda bukti LHKPN hingga batas akhir waktu yang telah ditentukan tidak akan dicantumkan dalam prosesi pelantikan nantinya.

Rapat pleno dihadiri Bupati Solok Selatan diwakili Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Dr. H. Novirman, SKM, MM, Ketua DPRD diwakili Afrizal Candra, SH, Forkompinda Solsel, para komisioner KPU Solsel, perwakilan partai politik (parpol), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Solsel, dan sebagian Wartawan di Solsel.

Bupati Solok Selatan yang di wakili Staf ahli bidang ke masyarakatan dan SDM, Novirman, pada sambutan tertulisnya mengatakan, mulai dari tanggal 14 februari penyelenggaran pemilu, pemilu di Solsel berjalan dengan lancar.

Sebelumnya KPU Solsel pada pemilu sebelumnya memperoleh penghargaan dengan partisipasi pemilih paling banyak di Sumbar. Tahun ini kami berharap kpu solsel kembali memperoleh penghargaan partisipasi pemilih terbanyak, kata Novirman.

Lanjutnya, sekarang kita masuk ke dalam tahapan pemilihan kepala daerah yg sedang berlangsung, proses pendaftaran saat ini sedang berlangsung. (mrl)

Baca berita seputar Kabupaten Solok Selatan lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini