Cuaca tak Menentu, Tempat Sholat Idulfitri di Payakumbuh Direncanakan 2 Artenatif

×

Cuaca tak Menentu, Tempat Sholat Idulfitri di Payakumbuh Direncanakan 2 Artenatif

Bagikan berita
Efrizal Kabag Kesra Sekretariat Pemko Payakumbuh
Efrizal Kabag Kesra Sekretariat Pemko Payakumbuh

KUPASONLINE.COM - Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, dengan hujan ringan dan hujan lebat, Pemko Payakumbuh memutuskan untuk mengadakan sholat Idulfitri 1445 H di dua lokasi: di halaman kantor balaikota Payakumbuh di kelurahan Kapalo Koto Dibalai, kecamatan Payakumbuh Utara, dan di masjid Taqwa di kelurahan Parak Batuang, Payakumbuh Barat."Pelaksanaan sholat Idulfitri tahun ini diperkirakan Rabu 10 April 2024. Namun untuk pastinya, Pemko Payakumbuh akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat yang akan melakukan penglihatan hilal pada hari Selasa 9 April 2024,"ujar Kabag Kesra Sekretariat Pemko Payakumbuh Efrizal di Payakumbuh kepada media online ini pada Minggu 8 April 2024.

Menurutnya sholat Idulfitri direncanakan mulai paling lambat 07.30 WIB, pukul 07.00 sudah selesai persiapan, paling lambat 7.30 WIB sudah masuk rangkaian ibadah.Untuk Imam dan khatib sholat Idulfitri adalah Dr. Syar'i bin Sumin, MA yang merupakan dosen Universitas Andalas (Unand) Padang, jika terjadi hal diluar dugaan, misalnya hujan, maka sholat akan dipindahkan ke masjid Taqwa kelurahan Parak Batuang.

Kersiapan jelang sholat hari raya sudah dilakukan, nantinya akan disediakan karpet di halaman balai kota Payakumbuh. Jemaah tetap diminta membawa peralatan sholat masing-masing, untuk kenyamanan dan ke khusukan dalam beribadah."Untuk itu, diimbau kepada masyarakat yang sholat di halaman balai kota Payakumbuh untuk tidak membawa koran, plastik atau sejenisnya yang akan berdampak menambah produksi sampah,"imbau Efrizal.

Sementara itu, Pj. Walikota Payakumbuh Jasman mengatakan bahwa dia meminta semua orang untuk menjaga kebersihan setelah salat Ied dengan tidak membuang sampah sembarangan.Jasman menyatakan bahwa masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan sehabis sholat Idulfitri dengan mengumpulkan serta membuang sampah ke tempat yang telah disediakan. (nura)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini