Kecurangan di SPBU, Perbuatan Melawan Hukum

×

Kecurangan di SPBU, Perbuatan Melawan Hukum

Bagikan berita
Satlantas Payakumbuh patroli ke SPBU Payakumbuh
Satlantas Payakumbuh patroli ke SPBU Payakumbuh

KUPASONLINE.COM - Pada Kamis 28 Maret 2024 malam, Polres Payakumbuh melakukan patroli di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Payakumbuh untuk menjawab dugaan masyarakat tentang praktik yang tidak sehat seperti adanya tanki siluman dan jerigen.Menurut Kapolres Payakumbuh, AKBP Wahyuni Sri Lestari, kecurangan di SPBU adalah ilegal. Untuk mencegah hal-hal seperti mengisi BBM menggunakan tanki siluman dan jerigen, pihaknya akan terus memantau SPBU yang ada di Payakumbuh dengan ketat.

"Kemudian kami juga mengimbau agar operator SPBU untuk tidak melakukan praktik kecurangan kepada konsumen yang melakukan pengisian bahan bakar,"tegas kapolres.Himbauan itu disampaikan Kapolres Payakumbuh Wahyuni saat melaksanakan kegiatan patroli pada daerah rawan terjadinya gangguan Kamtibmas seperti terjadinya macet dan laka lantas hingga ke SPBU.

Salah satu tugas rutin personil kepolisian selain penjagaan, pengamanan dan pengawalan adalah melakukan patroli. Kita bisa melakukan upaya pencegahan dan deteksi dini perbuatan melawan hukum."Terkait agenda patroli yang dilaksanakan personil

Polres Payakumbuh ke SPBU, untuk mengantisipasi kemacetan, jika ada antrian pengisian bahan bakar serta memberikan himbauan untuk tidak melakukan praktik kecurangan kepada pihak operator SPBU, maupun konsumen yang melakukan pengisian bahan bakar,"tegas kapolres.Ditambahkan Kasat Lantas AKP. Firdaus, jajaran Polres Payakumbuh akan melancarkan giat patroli tiap malam ke SPBU, patroli ini tidak dapat dipungkiri, beberapa praktik kecurangan seperti mengisi BBM menggunakan tanki siluman dan jerigen, scan barcode tidak sesuai dengan jenis kendaraan.

Bisa saja pengisian BBM subsidi tidak kepada peruntukanya, bahkan disinyalir ada praktik pencampuran BBM dengan air, serta beberapa praktik curang lainya yang tengah menjadi fenomena krusial ditengah masyarakat.Dengan adanya arus mudik dan balik, yang menjadikan kota Payakumbuh sebagai salah satu jalur lintas antara Provinsi Riau dan Sumbar, diperkirakan permintaan dan penggunaan bahan bakar akan meningkat tajam menjelang lebaran idul Fitri.

Kasat Lantas menyatakan, "Untuk itu, kita akan selalu mengintensifkan pelaksanaan patroli ke SPBU-SPBU mulai dari sekarang sampai usai lebaran." (nura)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini