UNP Akan Buka Program Studi di PSDKU Mentawai, Langkah Strategis untuk Akses Pendidikan Tinggi

×

UNP Akan Buka Program Studi di PSDKU Mentawai, Langkah Strategis untuk Akses Pendidikan Tinggi

Bagikan berita
Foto UNP Akan Buka Program Studi di PSDKU Mentawai, Langkah Strategis untuk Akses Pendidikan Tinggi
Foto UNP Akan Buka Program Studi di PSDKU Mentawai, Langkah Strategis untuk Akses Pendidikan Tinggi

KUPASONLINE.COM - Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan kabar baik dengan rencana pembukaan dua Program Studi di bawah Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Mentawai, atas permintaan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dan kunjungan langsung Rektor Prof. Ganefri, Ph.D bersama pimpinan UNP ke Tua Pejat, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kedua Program Studi tersebut adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Dalam keterangan persnya, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, menyatakan bahwa pembukaan Program Studi PGSD bertujuan untuk mengatasi kekurangan guru SD dan guru Penjaskes di daerah Mentawai serta mempermudah akses pendidikan tinggi bagi masyarakat setempat.

Beliau juga menekankan bahwa UNP akan memberikan prioritas kepada putra-putri Mentawai yang memenuhi syarat untuk diangkat sebagai dosen atau tenaga kependidikan.Menurut Kepala Dinas Pendidikan Wilayah VIII Diskdik Sumbar, Mulyadi Wijaya, M.Pd, keberadaan PSDKU UNP di Mentawai akan meningkatkan partisipasi pendidikan masyarakat setempat.

Data menunjukkan bahwa lebih dari 60% lulusan SMA/SMK di Mentawai berkeinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.Dalam tahap awal, UNP telah menandatangani Nota Kesepahaman dan PKS dengan Pemkab Kepulauan Mentawai, serta merencanakan penyelenggaraan UTBK di dua titik utama di Mentawai.

Langkah ini diiringi dengan survei dari Tim IT Kemendikbud Ristek untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan, seperti jaringan internet, sebagai dukungan dalam pelaksanaan tes nantinya.Rencana pembukaan Program Studi di PSDKU Mentawai merupakan langkah strategis dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi di daerah pedalaman.

Hal ini sejalan dengan visi UNP untuk memberikan kesempatan pendidikan yang lebih luas dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat, serta mendukung pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini