Gubernur Sumbar, Mahyeldi Mengapresiasi Rencana Dibukanya PSDKU UNP PGSD di Mentawai

×

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Mengapresiasi Rencana Dibukanya PSDKU UNP PGSD di Mentawai

Bagikan berita
Foto Gubernur Sumbar, Mahyeldi Mengapresiasi Rencana Dibukanya PSDKU UNP PGSD di Mentawai
Foto Gubernur Sumbar, Mahyeldi Mengapresiasi Rencana Dibukanya PSDKU UNP PGSD di Mentawai

KUPASONLINE.COM - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, mengapresiasi rencana dibukanya Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Langkah ini dianggap sebagai terobosan yang signifikan untuk memperbaiki sektor pendidikan di daerah tersebut.PSDKU UNP akan membuka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Menurut Mahyeldi, langkah ini sangat relevan dengan kebutuhan lokal. Salah satunya adalah terbatasnya jumlah tenaga pendidik yang bersedia bertugas di daerah tersebut, serta jarak yang jauh antara fasilitas pendidikan dengan pemukiman masyarakat.

"Kehadiran PSDKU UNP ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pendidikan di Mentawai. Keterbatasan tenaga pendidik dan aksesibilitas fasilitas pendidikan telah menjadi hambatan utama selama ini," ungkap Mahyeldi dalam pernyataannya pada Jumat, 23 Februari 2024.Mahyeldi juga menekankan bahwa dengan adanya PSDKU UNP, anak-anak Mentawai tidak perlu lagi berjuang ke Kota Padang untuk melanjutkan pendidikan tinggi, karena alternatifnya sudah tersedia di sana.

Lebih lanjut, para lulusan dari Prodi PGSD ini diharapkan dapat menjadi penyeimbang dalam kekurangan tenaga pendidik di Kepulauan Mentawai. Dengan demikian, pembukaan PSDKU UNP ini dianggap sebagai langkah yang memberikan banyak manfaat bagi daerah setempat.Keputusan untuk membuka PSDKU UNP ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Sumbar dalam menjalankan program unggulan tahun 2021 hingga 2026 untuk menjadikan pendidikan lebih merata di wilayah tersebut.

Rencananya, Gubernur Mahyeldi akan meresmikan pembukaan PSDKU UNP pada Rabu, 29 Februari 2024 mendatang, seiring dengan diselenggarakannya rapat koordinasi lintas instansi yang digagas oleh Pemprov Sumbar di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Hal ini menunjukkan komitmen nyata dalam mewujudkan aksesibilitas pendidikan yang lebih baik bagi masyarakat Mentawai.(*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini