Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) UIN Imam Bonjol Padang Akan Segera Dibuka

×

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) UIN Imam Bonjol Padang Akan Segera Dibuka

Bagikan berita
Foto Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) UIN Imam Bonjol Padang Akan Segera Dibuka
Foto Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) UIN Imam Bonjol Padang Akan Segera Dibuka

KUPASONLINE.COM - Pada tanggal 21 Maret hingga 5 April 2024 mendatang, Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan resmi dibuka.Bagi calon mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, khususnya yang berminat dengan Program Studi (Prodi) Matematika dan Sistem Informasi, inilah kesempatan yang ditunggu-tunggu.

Ketua Admisi UIN Imam Bonjol Padang, Ilham Dangu Rianjaya, mengungkapkan bahwa tahun ini UIN Imam Bonjol Padang menargetkan menerima 60 mahasiswa baru untuk Prodi Matematika dan 150 mahasiswa baru untuk Prodi Sistem Informasi melalui SNBT."Kuota yang diberikan Panitia Pusat sebesar minimal 40 persen, sehingga kuota yang diperebutkan peserta untuk Prodi Matematika sebesar 24 persen dan Sistem Informasi sebesar 60 persen," jelasnya.

Menurutnya, setiap peserta SNBT hanya diperbolehkan memilih satu jadwal pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)."Jadwal pelaksanaan SNBT cukup panjang, dengan rangkaian kegiatan mulai dari pembuatan akun, pendaftaran UTBK-SNBT, hingga pelaksanaan UTBK dan pengumuman hasil," tambahnya.

Berikut adalah rincian pelaksanaan SNBT 2024:Pembuatan Akun: 8 Januari - 15 Februari

Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret - 5 AprilPelaksanaan UTBK Gelombang 1: 30 April, 2-7 Mei

Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 14-20 MeiPengumuman Hasil: 13 Juni

Masa Unduh Sertifikat UTBK: 17 Juni - 31 JuliPengumuman Besaran UKT: 5 Juli

Pembayaran UKT: 8-28 JuliIlham juga menjelaskan bahwa mekanisme pelaksanaan tes pendaftaran SNBT dapat diakses melalui website resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dengan mekanisme yang sama seperti tahun sebelumnya.

Bagi peserta yang lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNPB), ia tidak dapat mendaftar di SNBT dan Mandiri.Sementara bagi yang sudah mendaftar di SNBT, tidak dapat mendaftar di Mandiri. "Hal ini merupakan perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya," tutupnya. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini