Cara Menagih Utang yang Baik dalam Agama Islam, Debt Collector Pinjol Wajib Tahu

×

Cara Menagih Utang yang Baik dalam Agama Islam, Debt Collector Pinjol Wajib Tahu

Bagikan berita
Sumber foto: Youtube Yufid TV Pengajian dan Ceramah Islam
Sumber foto: Youtube Yufid TV Pengajian dan Ceramah Islam

Rasulullah SAW mengajarkan untuk menuntut hak dengan cara yang baik, baik kepada orang yang berusaha melunasinya maupun kepada yang tidak.Tidak Mengambil Keuntungan

Islam melarang pemberi pinjaman untuk mengambil keuntungan. Utang yang diberikan seharusnya didasari oleh kasih sayang dan rasa takut kepada Allah.Selain adab menagih utang, Islam juga memberikan pedoman tentang sikap yang harus diambil oleh orang yang berutang, seperti niat untuk melunasi utang.

Orang yang berutang harus memiliki niat untuk melunasinya, meskipun memerlukan waktu yang lama.Dalam hadits riwayat Majah, Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang berutang dan tidak berniat untuk melunasi utangnya akan bertemu Allah sebagai seorang pencuri.

Kemudian tidak menunda pembayaran. Utang seharusnya segera dilunasi apabila sudah memiliki kemampuan.Menunda pembayaran utang, terutama jika sudah mampu melunasinya, dianggap sebagai tindakan zalim, sebagaimana disampaikan dalam hadits riwayat Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi.

Rasulullah SAW mengajarkan bahwa menunda pembayaran bagi yang mampu membayar adalah sebuah kezaliman. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini