Bantuan Ternak Ayam dari Provinsi Sumbar ke Kelompok Peternak di Kota Pariaman Mulai Menampakan Hasil

×

Bantuan Ternak Ayam dari Provinsi Sumbar ke Kelompok Peternak di Kota Pariaman Mulai Menampakan Hasil

Bagikan berita
Rini Jamal Kabid Keswan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman.
Rini Jamal Kabid Keswan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman.

KUPASONLINE.COM - Bantuan ternak ayam dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat kepada kelompok peternak di Kota Pariaman berkembang baik.Ada 17 kelompok yang menerima bantuan yang diserahkan pada Agustus 2023 tersebut dan per kelompok dapat 500 ekor ayam.

Monitoring bantuan dilakukan petugas dari provinsi bersama petugas dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, bidang peternakan."Sudah menampakan hasil, itu dari monitoring lapangan", kata Kepala bidang Kesehatan Hewan, Rini Jamal, Senin 5 Februari 2024.

Seratus persen berhasil tentu tidak, karena ada sejumlah ayam bantuan yang diterima kelompok dalam perjalanan pemeliharaanya terkena wabah ND, cuma tidak banyak.Ayam bantuan tersebut sudah bertelur, sebahagian kelompok mengembangkanya dengan penetasan baik secara manual ataupun melalui mesin tetas.

Kata Rini Jamal, selain bantuan ternak ayam, juga ada bantuan itik, puyuh dan kambing, semua termonitor dalam kondisi baik.Melihat semangat kelompok peternak dalam mengembangkan peternakan ayam yang dikelolanya, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman melalui program di bidang Kesehatan Hewan, tahun 2024 ini menyediakan 4 unit mesin tetas ayam melalui anggaran APBD.

Mudah-mudahan tak ada pergeseran anggaran, sehingga program kegiatan yang sudah dibuat terealisasi dan jalan sesuai harapan, kata Rini Jamal.(Tris).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini