UNP Fokus Maju dalam Riset Psikologi Digital, Gelar FGD Bersama Pakar Teknologi Informasi UPI

×

UNP Fokus Maju dalam Riset Psikologi Digital, Gelar FGD Bersama Pakar Teknologi Informasi UPI

Bagikan berita
Foto UNP Fokus Maju dalam Riset Psikologi Digital, Gelar FGD Bersama Pakar Teknologi Informasi UPI
Foto UNP Fokus Maju dalam Riset Psikologi Digital, Gelar FGD Bersama Pakar Teknologi Informasi UPI

KUPASONLINE.COM - Departemen Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang Pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Holin Sulistyo.Acara ini bertujuan untuk mendiskusikan Pengembangan Riset dan Asesmen Psikologi Berbasis Digital di Era Big Data.

Dalam paparannya, Holin Sulistyo menjelaskan bahwa pembelajaran mesin merupakan metode analisis data yang mengautomasi pembuatan model analitik, cabang dari kecerdasan buatan yang memanfaatkan data untuk mengidentifikasi pola dan mengambil keputusan.Holin menyoroti potensi kombinasi kecerdasan buatan (AI) dan psikometri dalam menciptakan aplikasi tes psikologi online, aplikasi bercerita dengan autoreply atau chatbot, serta penggunaan teknologi sensor untuk menganalisis perilaku tertentu.

Meskipun memiliki potensi besar, Holin Sulistyo juga menyoroti pertanyaan etis dan praktis seputar penggunaan pembelajaran mesin dan AI dalam psikologi. Di antaranya adalah keamanan dan privasi data, menghindari bias dalam algoritma, dan memastikan bahwa teknologi ini melengkapi, bukan menggantikan, peran keahlian dan penilaian klinis manusia.Sesi FGD berlangsung dinamis, dengan dialog antara peserta dan narasumber untuk mendalami penggunaan pembelajaran mesin dalam riset psikologi.

Holin Sulistyo juga membuka peluang kerjasama dalam pengembangan digitalisasi instrumen psikologi, konten pembelajaran, e-book, dan piranti lainnya. Tawaran ini direspons positif oleh Kadep Psikologi Dr. Mardianto dan Dekan FPK, Dr. Suryanef, M.Si., yang menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam mengembangkan aspek digitalisasi di bidang psikologi.Dengan semangat kolaborasi, UNP berkomitmen untuk terus memajukan riset psikologi berbasis digital guna menghadapi perkembangan era digital yang semakin pesat. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini