Sekdako Padang Andree Algamar Apresiasi Implementasi Mulok Keminangkabauan di SMPN 12

×

Sekdako Padang Andree Algamar Apresiasi Implementasi Mulok Keminangkabauan di SMPN 12

Bagikan berita
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar, yang hadir menyaksikan pelaksanaan Mulok Keminangkabauan di salah satu SMP negeri di Kota Padang
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar, yang hadir menyaksikan pelaksanaan Mulok Keminangkabauan di salah satu SMP negeri di Kota Padang

KUPASONLINE.COM - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang telah menggunakan Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan dengan baik sejak dicanangkan oleh Wali Kota Padang pada 19 September 2023.seperti yang dilakukan di SMPN 12 Padang pada Selasa 16 Januari 2024. Semua siswa terlihat mengambil bagian dalam kegiatan yang berkaitan dengan adat, seni, dan budaya orang Minangkabau, dan mereka semua mengenakan pakaian adat Minangkabau.

Andree Algamar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, mengapresiasi hal ini saat menyaksikan pelaksanaan Mulok Keminangkabauan di salah satu sekolah menengah umum negeri di Kota Padang."Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang, kita sangat mengapresiasi pelaksanaan Mulok Keminangkabauan di SMPN 12 Padang ini. Para peserta didik tampak mengikuti dengan antusias dan juga mampu menampilkan berbagai penampilan adat, seni dan budaya Minangkabau dengan begitu baik," ungkap Sekdako Padang mewakili Wali Kota Padang.

Di SMPN 12, Mulok Keminangkabauan dimulai dengan Tari Pasambahan yang disonsong Silek jo Galombang. Selanjutnya, penampilan Tari Dek Basamo, Drama Singkek tentang Silek, dan pembacaan Kalam Ilahi dan Doa Basamo dilakukan. Acara ditutup dengan menyanyikan Lagu Minang.Di SMPN 12, Mulok Keminangkabauan dimulai dengan Tari Pasambahan yang disonsong Silek jo Galombang. Selanjutnya, penampilan Tari Dek Basamo, Drama Singkek tentang Silek, dan pembacaan Kalam Ilahi dan Doa Basamo dilakukan. Acara ditutup dengan menyanyikan Lagu Minang.

Saya berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan para guru di SMPN 12 Padang, serta seluruh siswa yang mendukung pelaksanaan Mulok Keminangkabauan ini. Semoga hal ini berjalan rutin dan bisa kita jalankan dengan baik," harap Andree.Lebih jauh dijelaskan Andree, Mulok Keminangkabauan adalah upaya Pemerintah Kota Padang dalam menanamkan karakter Minangkabau kepada para siswa, yang bertujuan untuk mewujudkan peserta didik Kota Padang yang paham akan adat dan budaya Minangkabau serta berakhlak mulia.

Setiap hari Selasa, mulok Keminangkabauan adalah mata pelajaran ekstrakurikuler yang dilakukan selama dua jam di jam pertama pelajaran. Sekdako Padang menyatakan, "Kita juga berharap adanya mata pelajaran muatan lokal ini membuat pelajar di Kota Padang terhindar dari hal-hal buruk yang bisa merusak masa depan mereka." Ratusan siswa menyambutnya dengan antusias.Camat Nanggalo, bersama Sekcam dan Lurah setempat, serta Kepala Sekolah SMPN 12 Padang dan para majelis guru, hadir di acara tersebut. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini