Prosesi Alek Elok Dalam Nagari, Meriahkan Ulang Tahun Ke-20 Solsel

×

Prosesi Alek Elok Dalam Nagari, Meriahkan Ulang Tahun Ke-20 Solsel

Bagikan berita
Foto Prosesi Alek Elok Dalam Nagari, Meriahkan Ulang Tahun Ke-20 Solsel
Foto Prosesi Alek Elok Dalam Nagari, Meriahkan Ulang Tahun Ke-20 Solsel

KUPASONLINE.COM - Pawai Prosesi Budaya membuat Hari Ulang Tahun ke-20 Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024 semakin lengkap dan meriah.Pawai ini mengangkat tradisi "Alek Elok Dalam Nagari", atau acara baik yang diselenggarakan oleh masyarakat, seperti manjalang mintuo, turun mandi, atau mambaok ka "ayia" anak dan "maantaan bali".

Tradisi ini memiliki keragaman budaya yang luar biasa di setiap desa di Solok Selatan. Meskipun memiliki tujuan yang sama, prosesi ini memiliki cara yang berbeda untuk setiap penampilan peserta pawai.Untuk merayakan HUT ke-20 Kabupaten Solok Selatan, Bupati H Khairunas mengatakan bahwa banyak kegiatan telah dilakukan di tingkat nagari, kecamatan, dan kabupaten.

"Pawai prosesi ini diangkat dari kearifan lokal yang ada di nagari yang harus kita hargai," kata Khairunas di RTH Solok Selatan, Padang Aro, Jumat 05 Januari 2024.Keberagaman prosesi budaya baik ini akan menjadi peluang nagari kita untuk mengembangkan budaya, sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat kita.

Kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengapresiasi berbagai macam pawai prosesi budaya nagari yang berbeda-beda."Tentu kegiatan ini inovasi baru yang membanggakan Kabupaten Solok Selatan," katanya.

Kegiatan pawai ini dimulai dari simpang SMPN 3 Solok Selatan yang kemudian finis RTH di Padang Aro. Diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan nagari-nagari se-Solok Selatan.Berbagai rangkaian HUT telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Rangkaian peringatan HUT ini akan ditutup dengan Rapat Paripurna DPRD Solok Selatan dan malam resepsi pada malam harinya pada Minggu, 7 Januari 2024. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini