Traffic Light di Kota Pariaman, Meski Ada yang Rentan Rusak Tetapi Masih Bisa Berfungsi

×

Traffic Light di Kota Pariaman, Meski Ada yang Rentan Rusak Tetapi Masih Bisa Berfungsi

Bagikan berita
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Afwandi. (Foto: Dok istimewa)
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Afwandi. (Foto: Dok istimewa)

KUPASONLINE.COM - Karena kekurangan dana, rencana kegiatan Dinas Perhubungan Kota Pariaman untuk mengganti sejumlah traffic light yang sudah lama dan sering rusak dibatalkan.Traffic Light saat ini sudah lama, dan sebagian besar usianya hampir dua puluh tahun.

"Jika kondisi cuaca hujan lebat, petir ada kegamangan akan adanya kerusakan traffic light", kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman kepada Kupasonline.com, Rabu 3 Januari 2024.Program untuk penggantian traffic light yang dibuat dan diajukan melalui APBD tidak banyak, hanya pada 5 titik saja untuk yang sudah pemanfaatanya hampir mencapai 20 tahun.

Bertahun-tahun telah berlalu sejak anggaran dialokasikan untuk mengganti lampu yang rentan dan sering rusak tersebut. Namun, anggaran tersebut masih tidak dapat diakses.Harga perawatannya tinggi dan kadang-kadang sulit mendapatkan bagian traffic light yang rusak untuk berfungsi kembali.

Anggaran tahunan untuk pemeliharaan dan perawatan traffic light adalah sekitar Rp162 juta, yang mencakup pengelolaan semua lampu tersebut.Sampai saat ini, dana yang dialokasikan untuk perawatannya terus berkurang dari tahun ke tahun.

Di Kota Pariaman, ada 11 titik simpang jalan yang memiliki lampu lalu lintas, beberapa di antaranya telah beroperasi selama 10 tahun lebih dan yang lainnya hampir mencapai 20 tahun."Dalam program penggantian lampu tersebut tidak semua, cuma untuk 5 titik saja, mudah-mudahan pada pengajuan anggaran ke depan dapat terwujut", kata dia.(Tre's).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini