Bencana Alam Melanda Sumatera Barat Lagi, Longsor Terjang Jalan Lintas Padang-Muaro Labuah

×

Bencana Alam Melanda Sumatera Barat Lagi, Longsor Terjang Jalan Lintas Padang-Muaro Labuah

Bagikan berita
longsor melanda Jalan Lintas Padang-Muaro Labuah. (Foto: Dok istiimewa)
longsor melanda Jalan Lintas Padang-Muaro Labuah. (Foto: Dok istiimewa)

KUPASONLINE.COM - Pagi ini, pada Senin, 1 Januari 2024, sebuah bencana alam kembali menerpa daerah Sumatera Barat, kali ini longsor melanda Jalan Lintas Padang-Muaro Labuah.Kejadian ini tercatat pada pukul 05.00 WIB, mengakibatkan sejumlah kerusakan signifikan di wilayah tersebut.

Pusat Longsor terjadi di Jorong Pisau Hilang, Nagari Lolo, Pusat bencana longsor terletak di Jorong Pisau Hilang, Nagari Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok.Daerah ini menjadi sasaran longsor karena curah hujan yang tinggi, yang mengguyur sebagian besar Sumatera Barat pada malam sebelumnya.

Kondisi ini memicu terjadinya longsor, menyebabkan material longsor menutupi sebagian jalan lintas.Bencana ini telah menimbulkan dampak signifikan terhadap akses transportasi di wilayah tersebut.Saat ini, petugas setempat sedang berupaya keras menggunakan alat berat untuk membersihkan material longsor yang menghalangi jalan.

Langkah ini diambil untuk segera mengembalikan jalur lintas tersebut ke kondisi normal dan memulihkan mobilitas warga setempat.Penyebab utama terjadinya longsor adalah curah hujan tinggi yang melanda sebagian besar Sumatera Barat pada malam sebelumnya.

Hujan deras ini memicu longsor di daerah yang rawan, seperti Jorong Pisau Hilang. Pihak berwenang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terus memantau situasi dan memberikan bantuan yang dibutuhkan.Dalam situasi ini, pihak terkait, terutama BPBD, diharapkan memberikan langkah-langkah pencegahan dan peringatan kepada masyarakat terkait potensi bahaya longsor di daerah rawan.

Edukasi mengenai keselamatan dan rencana evakuasi menjadi kunci penting untuk mengurangi risiko bencana serupa di masa mendatang.Bencana longsor di Jalan Lintas Padang-Muaro Labuah menjadi peringatan bagi masyarakat Sumatera Barat untuk lebih waspada terhadap potensi bencana alam, terutama pada musim hujan.

Kerja sama antara pemerintah, petugas penanggulangan bencana, dan masyarakat menjadi krusial dalam meminimalkan risiko dan menjaga keselamatan bersama.(*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini