Ketua DPRD Supardi, Bukan Persoalan Politik, Maek adalah Harga Diri Kekayaan Sumbar

×

Ketua DPRD Supardi, Bukan Persoalan Politik, Maek adalah Harga Diri Kekayaan Sumbar

Bagikan berita
Foto Ketua DPRD Supardi, Bukan Persoalan Politik, Maek adalah Harga Diri Kekayaan Sumbar
Foto Ketua DPRD Supardi, Bukan Persoalan Politik, Maek adalah Harga Diri Kekayaan Sumbar

KUPASONLINE.COM - Lahan tambang kekayaan peradaban tertua di dunia terletak di Sumatera Barat. Kita harus mengungkapkan misteri bahwa, pada awalnya, di kawasan Maek ada ribuan menhir, tetapi sekarang tinggal hanya kurang dari 1000 karena terabaikan.Ini disampaikan oleh Supardi, SH, Ketua DPRD Sumbar Provinsi Sumatera Barat, di Padang, Minggu 24 Desember 2023, saat pembukaan Studi Kelayakan (Feasibility Study) Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Maek Berkelanjutan.

Ketua DPRD Sumbar menyatakan bahwa jika dikelola dengan baik, peradaban Maek dapat menjadi perhatian dunia dalam penelitian dan wisata budaya."Saya berkenyakinan Maek merupakan peradaban pertama di Indonesia. Kita mesti unggap dari hasil fosil tengkorak yang telah ditemuan untuk memastikan keberadaannya pada zaman berapa ?. Untuk semua ini kita proses melalui kementerian kebudayaan dan Badan Riset Nasional dan mengirimkan ke laboratoriun di Australia saat ini masih menunggu hasil," ungkap Supardi.

Supardi mengatakan dia sangat berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan karena telah menanggapi dengan cepat dan melakukan banyak hal. Dia juga berterima kasih kepada Univesitas Negeri Padang karena telah melakukan penelitian di nagari Maek selama lebih dari dua bulan."Dan hasil penelitian UNP itulah yang kita dikusikan hari bersama, pemerintahan nagari Maek, tokoh masyarakat Maek, serta perangkat nagari. Terima Kasih juga atas suport dari Balai Pelestarian Cagar Budaya provinsi Sumbar ini peran penting setiap kita dalam proses bersejarah yang juga ditunggu-tunggu UNESCO, " terangnya.

Supardi tegas soal Maek bukan masalah yang berhubungan dengan politik, akan tetapi Maek adalah persoalan hargadiri, persoalan budaya dan peradaban, sejarah dan ilmu pengetahuan."Ada pergulatan pemikiran sejuta misteri yang mesti kita bongkar, sebagai kekayaan bernilai Sumatera Barat yang jika dikelola dengan baik akan dapat memberikan kebaikan dalam kemajuan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Sumbar," serunya.

Selain itu, Supardi menyatakan bahwa fakta bahwa Maek adalah peradaban tertua akan sangat mengejutkan dunia. menjadi destinasi wisata yang akan membanggakan Indonesia di seluruh dunia.Menurutnya, akan banyak wisatawan dari seluruh dunia yang juga akan diikuti oleh para peneliti dari seluruh dunia yang ingin mempelajari keberadaan peradaban Maek. Untuk semua usaha ini, kami ingin melibatkan peran masyarakat dalam pengelolaan wisata ini, agar masyarakat dapat merasakan kesejahteraan.

Acara Studi Kelayakan (Feasibility Study) Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Maek Berkelanjutan dihadiri oleh Kadis Kebudayaan, Dosen-Doren U dari nagari Maek, tokoh-tokoh masyarakat Maek, walinagari, perangkat nagari, dan perwakilan dari generasi muda Maek. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini