Bertepatan Pada Peringatan Hari HAM Internasional, Pemkab Solsel Peroleh Predikat Kabupaten Peduli HAM

×

Bertepatan Pada Peringatan Hari HAM Internasional, Pemkab Solsel Peroleh Predikat Kabupaten Peduli HAM

Bagikan berita
Pemkab Solsel Peroleh Predikat Kabupaten Peduli HAM
Pemkab Solsel Peroleh Predikat Kabupaten Peduli HAM

KUPASONLINE.COM Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Baru-baru ini, kabupaten tersebut meraih penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM.Pada tahun 2022, Kabupaten Solok Selatan berhasil mencapai nilai 96,4 dalam penilaian kinerja peduli HAM. Capaian ini menempatkan Solok Selatan di peringkat kedua tertinggi setelah Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekdakab) Dr. H. Syamsurizaldi, menerima penghargaan tersebut pada peringatan Hari HAM Internasional ke-75 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat pada Senin, 18 Desember 2023.Setelah menerima penghargaan, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi menyatakan bahwa pencapaian ini didasarkan pada pemenuhan beberapa indikator yang menunjukkan komitmen Kabupaten Solok Selatan dalam peduli terhadap Hak Asasi Manusia.

Pemenuhan kriteria ini berdasarkan ketentuan peraturan yang telah ditetapkan Kementerian Hukum dan HAM, sesuai Permenkum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 dimana program dan kegiatan yang dijalankan pemerintah mendukung implementasi Permenkumham tersebut, katanya.Dengan skor 100, kabupaten ini memenuhi kriteria sebagai kabupaten peduli HAM, termasuk hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, dan hak perempuan dan anak.

Selain itu, Sekdakab menyatakan bahwa evaluasi lanjutan akan dilakukan terhadap pencapaian ini. Selain itu, indikator ini berfokus pada hak asasi manusia seperti pendidikan, kesehatan, kependudukan, pekerjaan, lingkungan, dll.Sekdakab hadir bersama Kabag Hukum Alkhairi Fajri dan Pejabat Fungsional Zulkifli untuk menerima penghargaan ini. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini