Mendekati Akhir Tahun, DPRD Solok Selatan Lakukan Reses Ke Dapil Masing-Masing

×

Mendekati Akhir Tahun, DPRD Solok Selatan Lakukan Reses Ke Dapil Masing-Masing

Bagikan berita
Foto Mendekati Akhir Tahun, DPRD Solok Selatan Lakukan Reses Ke Dapil Masing-Masing
Foto Mendekati Akhir Tahun, DPRD Solok Selatan Lakukan Reses Ke Dapil Masing-Masing

KUPASONLINE.COM - Mendekati akhir tahun 2023, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan reses ke masing- masing Daerah Pemilihan (Dapil).Dapil satu (Kecamatan Sangir), anggota DPRD yang berasal dari Dapil 1 dari fraksi Golkar, Zigo Rolanda, Afrizal Candra sudah melaksanakan masa sidang pertama tahun anggaran 2023/2024. sejak awal Desember 2023.

Aspirasi yang muncul disaat reses datang dari sejumlah masyarakat. Tokoh Masyarakat Sungai Padi, Syahdinur Wakil Dt Jomantari meminta aspirasi masyarakat melalui Reses Anggota DPRD Solsel untuk dapat terealisasi tahun 2024.Hal ini sesuai kebutuhan daerah setempat, baik akses pertanian maupun irigasi sawah kebutuhan masyarakat.

Perlu perbaikan infrastruktur jalan di tiga kejorongan di Sungai Padi. Sebagai akses memperlancar pengangkutan hasil pertanian masyarakat."Apa yang kami sampaikan ini merupakan permintaan dari masyarakat di tiga kejorongan yang harus di serap dan untuk dapat direalisasikan pada tahun 2024 nantinya. Terutama infrastruktur jalan pertanian di Jorong Sungai Padi, Sungai Padi utara dan Sungai Padi Selatan," harap Syahdinur Wakil Jomantari, Jumat (15/12) malam.

Anggota DPRD Solok Selatan Afrizal Chandra menyebut siap menampung seluruh aspirasi yang disampaikan masyarakat. Ini bukan janji semata, tapi dia akan merealisasikan tidak perlu menunggu tahun 2024 jika hanya dengan anggaran maksimal Rp200 jutaan.Dia mengatakan bahwa Sungai Padi hulu ke hilir merupakan basisnya dan selalu ia urus ketika kelurahan masyarakat. Melalui Reses ini ia menampung aspirasi untuk diperjuangkan anggaran pembangunannya.

"Soal penambahan lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Sungai Padi, saya siap membantu berapa anggarannya. Ini bukan janji muluk-muluk, tapi saya segera merealisasikan kalau sudah deal harganya antar penjual dengan masyarakat," ucap calon anggota DPRD Solsel 2024 itu.TPU yang diharapkan masyarakat Ini untuk kepentingan masyarakat Sungai Padi secara menyeluruh.

"Nah, saat ini masyarakat mengumpulkan iuran dana secara sukarela, kalau masih kurang berapapun kekurangannya saya siap untuk membantu hingga ratusan juta. TPU tanggungjawab kita bersama," tuturnya.Sementara, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan, reses ini dilaksanakan pada masa sidang pertama tahun anggaran 2023/2024.

"Saya sudah empat kali reses, kemarin di Lubuk Gadang. Tadi di Lubuk Gadang Utara dan Lubuk Gadang Timur. Malam ini datang ke Sungai Padi mendampingi Afrizal Chandra sebagai Ketua Fraksi DPRD Solsel," Pungkas Zigo yang akan maju di DPR-RI 2024 itu.Dia mengatakan dalam RPJMD 2021-2026, salah satunya program di canangkan Pemkab yakni pembangunan sumber daya manusia berdaya saing dan kompetitif.

DPRD sudah sering datang ke Kementerian, bahkan dibidang pendidikan Solsel paling banyak mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat pada tahun 2022."Anggaran itu tidaknya untuk memperbaiki rumah sekolah, tapi lebih kepada kualitas peserta didik dan para pendidik ditingkatkan. Seperti guru penggerak, ini demi masa depan daerah yang berdaya saing," ucap putra terbaik Solsel itu.

Bahkan Pemkab Solsel sudah menyediakan seragam gratis kepada seluruh sekolah di Solsel, baik kewenangan Pemkab, Pemprov dan Kementerian Agama.Negara hanya meringankan beban kebutuhan masyarakat, bukan menanggung keseluruhannya.

"Hingga kini, Kami tidak mendengar kalau anak-anak putus sekolah karena biaya. Tapi yang putus sekolah karena malas sekolah, itu banyak kita dengar karena kurangnya fungsi kontrol orang tua," jelas Zigo saat reses.Kalau ingin menjadikan anak jadi pemimpin, jadi pegawai harus ber sekolah. Harus di siapkan pendidik dan mutu pendidikan yang baik.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini