121 Kafilah MTQ Sumbar Ekspresikan Seni Khat Ayat Al-Quran

×

121 Kafilah MTQ Sumbar Ekspresikan Seni Khat Ayat Al-Quran

Bagikan berita
121 Kafilah MTQ Sumbar Ekspresikan Seni Khat Ayat Al-Quran
121 Kafilah MTQ Sumbar Ekspresikan Seni Khat Ayat Al-Quran

KUPASONLINE.COM - Salah satu bagian dari ajang perlombaan dalam MTQ Nasional XL 2023 adalah Khattil Qur'an, sebuah kompetisi yang mengeksplorasi seni menulis penggalan ayat suci Al-Qur'an untuk membuktikan kemegahan peradaban Islam di masa lampau.Para peserta kafilah memahat daya imajinasi yang bernilai seni dan berestetika dalam kompetisi Khattil Qur'an di lokasi lomba di SMAN 3 Solok Selatan.

Seni khat, yang mengabadikan penggalan ayat Al-Qur'an, telah menjadi bukti visual kehebatan peradaban Islam di dunia. Karya kaligrafi ini masih dapat dijumpai pada bangunan-bangunan bersejarah dari masa kejayaan Islam, seperti Masjid Hagia Sophia di Turki.Hari kedua kompetisi Khattil Qur'an, yang mencakup kategori Hiasan Mushaf dan Kontemporer, digelar pada Kamis. Rahmadan, koordinator lomba Khattil Qur'an, bersama dengan Dona, menginformasikan bahwa pada hari tersebut, 65 peserta turut serta, terdiri dari 33 orang dalam kategori Hiasan Mushaf dan 32 orang dalam kategori Kontemporer.

"Seluruh peserta butuh konsentrasi tinggi dan ketenangan untuk mengikuti lomba. Peserta butuh ekspresi dan berimajinasi untuk lomba ini, sesuai dengan kategori masing-masing," kata Ramadhan di Aula SMAN 3 Solok Selatan, Kamis 14 Desember 2023.121 orang berpartisipasi dalam kompetisi cabang Khattil Qur'an, dengan 27 orang di kategori Naskah, 29 orang di kategori Dekorasi, 33 orang di kategori Hiasan Mushaf, dan 32 orang di kategori Kontemporer.

"Besok akan dilaksanakan dialog umum perkembangan kaligrafi bersama Dewan Hakim Nasional," ujarnya.Selanjutnya, Sabtu akan digelar final masing-masing kategori dengan 3 peserta.

"Seni ini dapat diaplikasikan pada banyak sektor seperti dekorasi masjid, penulisan buku pelajaran, mushaf Al-Quran, majalah, koran, dan sarana-sarana informasi tekstual dan visual lain," pungkasnya. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini