Bupati Solsel: 20 Tahun Umur Kabupaten Solsel Baru Pertama Sekali MTQ N Tingkat Sumbar Digelar di Solsel

×

Bupati Solsel: 20 Tahun Umur Kabupaten Solsel Baru Pertama Sekali MTQ N Tingkat Sumbar Digelar di Solsel

Bagikan berita
Foto Bupati Solsel: 20 Tahun Umur Kabupaten Solsel Baru Pertama Sekali MTQ N Tingkat Sumbar Digelar di Solsel
Foto Bupati Solsel: 20 Tahun Umur Kabupaten Solsel Baru Pertama Sekali MTQ N Tingkat Sumbar Digelar di Solsel

KUPASONLINE.COM - Bupati Solok Selatan, H. Khairunas menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Propinsi Sumbar, Lembaga Pengembangan Tilawatil Alqur,an (LPTQ) Sumbar beserta jajaran atas telah diberikan kepercayaan daerahnya menjadi tuan rumah atau penyelenggara Musabaqah Tilawatil Alqur,an (MTQ) Nasional ke-XL tingkat Sumbar 2023.Dikatakan Bupati, pelaksanaan MTQ selain menjadi ajang silaturahmi bagi kafilah, official Kab/Kota, juga memberikan dampak ekonomi yang cukup luas bagi masyarakat solok selatan.

"Jika dalam satu hari saja masyarakat berbelanja seratus ribu saja per orang, selama kegiatan MTQ ini selama tujuh hari maka uang akan beredar lebih kurang tujuh miliar," kata Bupati Solok Selatan, Khairunas dalam sambutannya pada pembukaan MTQ tersebut di GOR Rimbo Tangah, Padang Aro, 12 Desember 2023.

Sedangkan Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda sekaligus sebagai perwakilan dari masyarakat mengatakan, Walaupun Kabupaten Solok Selatan termasuk daerah baru pemekaran namun sudah bisa dan sanggup melaksanakan iven berskala tingkat Sumbar maupun Nasional, termasuk mengadakan MTQ Nasional Tingkat Sumbar.

Di kesempatan itu, Zigo Rolanda mengajak kepada penyelenggara, panitia untuk bisa membuktikan bahwa Kabupaten Solok Selatan bisa dan sanggup menyelenggarakan iven-iven besar.Kemudian Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sumbar, LPTQ Sumbar dengan diberikan kepercayaan kepada Pemkab Solsel menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ N Sumbar 2023.

Kemudian dikatakan Zigo Rolanda, Pemkab Solsel yang telah berumur 20 tahun semenjak dimekarkan, baru pertama sekali menjadi tuan rumah penyelenggarakan MTQ N Tingkat Sumbar. Dengan demikian tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemkab Solsel dan masyarakatnya.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, sekaligus ketua Umum LPTQ Sumbar pada sambutannya mengatakan, bahwa Pemprov dan Kabupaten untuk meningkatkan kegiatan keagamaan, mulai dari tingkat pemerintahan terendah sampai yang tinggi.Dengan ditingkatkannya kegiatan ke agamaan maka tidak ada lagi masyarakat Sumbar yang tidak bisa tulis dan baca Alqur,an kedepannya. Kemudian Wagub tersebut mengajak seluruh elemen untuk mengsukseskan kegiatan MTQ tersebut. Selama ini, katanya, pad lomba MTQ Tingkat Nasional Pemprov Sumbar selalu masuk sepuluh besar.

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi sekaligus sebagai Ketua Pelaksana kegiatan pada laporannya mengatakan, kegiatan MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-XL di Solok Selatan dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 18 Desember.

Kegiatan di ikuti oleh 1.419 Kafilah dari 19 Kab/Kota di Sumbar, jumlah tersebut belum termasuk pendamping maupun official. MTQ kali ini melombakan 13 cabang perlombaan di 17 venue yang tersebar di Kecamatan Sangir.MTQ Nasional ke-XL tersebut dibuka Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah. Dalam sambutan singkat Mahyeldi mengatakan, penyelenggaraan MTQ bukan hanya sekedar pertemuan, tapi akan menjadi momen bersejarah bagi pesertanya.

Lomba MTQ bukan sekedar panggung prestasi bagi qori/qoriah saja, MTQ bukan ajang pertemuan saja, tapi merupakan bentuk kecintaan kita kepada Alqur,an. Kemudian Gubernur Mahyeldi menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Solsel yang telah menjadi penyelenggar MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-XL.Pembukaan MTQ tersebut turut dihadiri Kakanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, beberapa kepala daerah dari 19Kab/Kota Sumbar. (adv)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini