Kesaksian dari Mantan Debt Collector Pinjol, Menyesal Karena Hidup dari Sumpah Serapah Orang

×

Kesaksian dari Mantan Debt Collector Pinjol, Menyesal Karena Hidup dari Sumpah Serapah Orang

Bagikan berita
Sumber foto: Youtube Wani Tangi Channel
Sumber foto: Youtube Wani Tangi Channel

Sementara itu, untuk mengatasi masalah gagal bayar di pinjol, terdapat beberapa solusi yang dapat diikuti:

Solusi Gagal Bayar Pinjol

Kontak dengan Pihak Pinjol

Langkah pertama adalah menghubungi pihak pinjol secara jujur mengenai ketidakmampuan Anda dalam membayar pinjaman.

Komunikasi ini penting untuk mencari solusi yang tepat guna menghindari penagihan yang tidak diinginkan dari debt collector.

Restrukturisasi Pinjaman

Jika tidak ada solusi yang cocok antara pihak pinjol dan debitur, meminta restrukturisasi pinjaman dari pemberi pinjaman online bisa menjadi alternatif.Biasanya, restrukturisasi kredit melibatkan perpanjangan jangka waktu pelunasan atau pengurangan jumlah tunggakan pokok utang. (DANA Kaget)

Permohonan Keringanan Bunga

Mengajukan permohonan penurunan bunga untuk mengurangi beban pembayaran pinjol yang tinggi. Dengan penurunan bunga ini, pembayaran pinjaman menjadi lebih ringan dan cepat.

Laporkan ke Pihak Berwenang

Jika terjadi penagihan yang tidak etis, ancaman, atau intimidasi, pelaporan kepada pihak berwenang seperti kepolisian, AFPI, YLKI, atau OJK bisa menjadi langkah selanjutnya.

Melunasi Pinjaman dengan Aset yang Dimiliki

Melakukan pelunasan pinjaman dengan menjual aset yang dimiliki seperti emas, perhiasan, kendaraan, atau tanah.Penting untuk diingat bahwa mengatasi masalah gagal bayar pinjol tidak hanya melalui pengetahuan solusi yang ada, tetapi juga dengan pencegahan di masa depan.

Menciptakan rencana keuangan yang bijak, memprioritaskan pembayaran pinjaman, dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu merupakan langkah-langkah penting dalam mengelola keuangan Anda.Selain itu, membuat rencana keuangan jangka panjang untuk mengelola utang dan tabungan akan membantu mencegah terulangnya masalah serupa di masa mendatang. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini