Kerjasama Strategis UNP dan PT. Dasmap Indonesia dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis

×

Kerjasama Strategis UNP dan PT. Dasmap Indonesia dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis

Bagikan berita
Foto Kerjasama Strategis UNP dan PT. Dasmap Indonesia dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis
Foto Kerjasama Strategis UNP dan PT. Dasmap Indonesia dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis

KUPASONLINE.COM - Program Studi Sarjana Terapan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis di Universitas Negeri Padang (UNP) mengukuhkan perjanjian kerjasama dengan PT. Dasmap Indonesia pada Kamis, 16 November 2023. Informasi ini diterima pada Selasa 05 Desember 2023.Perusahaan ini terkenal sebagai pemimpin di bidang geospasial terapan, dengan fokus utama pada pemanfaatan kecerdasan buatan untuk menghasilkan informasi geospasial.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari Humas UNP, kerjasama ini difokuskan pada implementasi kebijakan link and match vokasi, melibatkan beberapa aspek strategis.Diantaranya adalah pengembangan teaching factory, magang industri, pertukaran pengetahuan terkait perkembangan geospasial terapan, pengembangan kurikulum berbasis industri, dan pelibatan dosen industri.

Sebagai tindak lanjut dari perjanjian tersebut, dilakukan kegiatan workshop dan pelatihan geospasial pada tanggal 23-27 November 2023 bersama Dasmap dan dosen program studi.Workshop ini bertema "Geoprocessing Berbasis Machine Learning dengan Python", dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi terapan oleh dosen, sesuai dengan kebutuhan industri yang semakin mengadopsi kecerdasan buatan dalam teknologi geospasial.

Pada tahun 2024, kegiatan akan terus dilanjutkan dengan fokus pada workshop deep learning dan pembangunan sistem geospatial cloud computing untuk analisis spasial terapan yang lebih lanjut.Selain itu, berbagai aspek kerjasama lainnya, seperti teaching factory, magang industri, serta proyek bersama yang melibatkan sumber daya manusia dari UNP, akan mulai diimplementasikan.

Sekolah Vokasi UNP dan Dasmap sepenuhnya mendukung upaya pengembangan kompetensi lulusan dalam bidang geospasial terapan agar dapat memenuhi kebutuhan industri.Kerjasama ini mencerminkan komitmen keduanya untuk memajukan pendidikan dan teknologi di bidang penginderaan jauh dan sistem informasi geografis dengan memberikan dampak positif pada dunia industri.(*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini