Bupati Solok Selatan, Minta OPD Menjalankan Strategi dan Program Peningkatan Literasi kepada Anak Sejak Dini

×

Bupati Solok Selatan, Minta OPD Menjalankan Strategi dan Program Peningkatan Literasi kepada Anak Sejak Dini

Bagikan berita
Foto Bupati Solok Selatan, Minta OPD Menjalankan Strategi dan Program Peningkatan Literasi kepada Anak Sejak Dini
Foto Bupati Solok Selatan, Minta OPD Menjalankan Strategi dan Program Peningkatan Literasi kepada Anak Sejak Dini

KUPASONLINE.COM - Bupati Solok Selatan H. Khairunas meminta OPD terkait membuat rencana dan menerapkan program untuk meningkatkan literasi anak-anak sejak dini. Ini karena literasi sangat penting untuk mencegah hal-hal buruk menyebar di masyarakat.Kamis 23 November 2023, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Solok Selatan dilakukan.

"Saya minta agar menjalankan strategi dan program peningkatan literasi kepada anak-anak Solok Selatan sejak dini. Bersama dengan OPD terkait terutama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," kata Khairunas siang ini.Bupati juga berharap program literasi ini langsung menyasar siswa dan digunakan oleh siswa di sekolah.

Selain itu, diharapkan ada inisiatif yang akan membantu meningkatkan kunjungan pelajar ke Perpustakaan Daerah serta mendukung sosialisasi dan pembinaan literasi langsung di dalam gedung.Dengan pembentukan Bunda Literasi, Khairunas berharap masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan dan berkontribusi dan mendorong inisiatif peningkatan literasi di Kabupaten Solok Selatan.

Menurutnya, banyaknya hoaks yang tersebar di media sosial yang memicu konflik dan bahkan meningkatkan tingkat kriminalitas menunjukkan tingkat literasi yang rendah di masyarakat.Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang analisis, pemecahan masalah, dan berfikir kritis, yang merupakan komponen penting dari kecerdasan intelektual.

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Selatan bertindak sebagai Bunda Literasi Kabupaten dan Ketua TP-PKK Kecamatan bertindak sebagai Bunda Literasi Kecamatan.Ny Erniati Khairunas, Bunda Literasi Kabupaten Solok Selatan, berusaha untuk mengembangkan program pembudayaan perpustakaan dan budaya baca. Salah satunya melalui pengembangan perpustakaan sebagai alat pendidikan yang memiliki tujuan pendidikan, informasi, rekreasi, penelitian, dan penelitian.

Sebagai Bunda Literasi, dia membantu masyarakat mempertimbangkan dan mendorong peningkatan literasi.Selain itu, sebagai bagian dari acara tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Solok Selatan menandatangani Nota Kesepahaman dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Nota Kesepahaman ini terkait dengan pembudayaan membaca yang disukai di Solok Selatan.Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga menyelenggarakan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Bertutur.(mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini