Pemkab Solsel Sosialisasikan Stunting Melalui Kesenian Rabab

×

Pemkab Solsel Sosialisasikan Stunting Melalui Kesenian Rabab

Bagikan berita
Foto Pemkab Solsel Sosialisasikan Stunting Melalui Kesenian Rabab
Foto Pemkab Solsel Sosialisasikan Stunting Melalui Kesenian Rabab

KUPASONLINE.COM - Pemkab Solok Selatan melakukan berbagai upaya untuk mengurangi prevalensi stunting. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengadakan budaya Randai di bawah Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KB, PP&PA).Randai tersebut diadakan pada Sabtu malam 11 November 2023 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Solok Selatan di Padang Aro. Masyarakat RTH menyambut sosialisasi tersebut dengan senang hati.

Dr. Erawati, kepala Dinas DP2KB, PP&PA Kabupaten Solok Selatan, menjelaskan bahwa berbagai metode sosialisasi dapat digunakan untuk mencegah stunting, termasuk penggunaan media konvensional."Salah satunya dengan sosialisasi melalui seni tradisional Rabab, agar mudah diterima dan pesan yang disampaikan dekat dengan kehidupan masyarakat," ujar dr. Erawati.

Erawati menambahkan bahwa sesuai arahan Bupati dan Wabup Solsel, OPD-OPD yang terkait langsung dengan penanganan stunting diminta untuk terus mensosialisasikan persoalan stunting sebagai salah satu bentuk pencegahan di tengah-tengah masyarakat.Beberapa pesan kata Erawati disampaikan melalui Rabab, diantaranya :

Ondeh rabab yo rabab tolong sampaikanStunting ko dek kurangnyo gizi di 1.000 hari pertamo kehidupan, bahkan di mulai di maso kehamilaan. dampak nyo gadang ka maso depan.

Main lah ka solok selatan, saribu rumah gadang nyo nan terkenal.Main lah ka solok selatan, saribu rumah gadang nyo nan terkenal.

Stunting ko bukan hanyo masalah kesehatan, tetapi lakek juo masalah ekonomi jo sosial. Ondeh tuan yo tuan usah lah lalai.Ondeh puan yo puan jan sampai lupo (ondeh)

Bayi nan lahia barilah ASI salamo 6 bulan nan partamoASI ko banyak nutrisinyo malawan panyakik nan kasadonyo

Ondeh rabab yo rabab tolong sampaikanParalu makanan tambahan kok lah labiah 6 bulan

Bisa ikan, talua, buah jo sayua untuak kesehatan. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini