Kolaborasi FPK-UNP dengan APIO Induk: Pelaksanaan Workshop Coaching Teknik

×

Kolaborasi FPK-UNP dengan APIO Induk: Pelaksanaan Workshop Coaching Teknik

Bagikan berita
Foto Kolaborasi FPK-UNP dengan APIO Induk: Pelaksanaan Workshop Coaching Teknik
Foto Kolaborasi FPK-UNP dengan APIO Induk: Pelaksanaan Workshop Coaching Teknik

KUPASONLINE.COM - Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) memanfaatkan kesempatan Temu Ilmiah Nasional yang diadakan oleh Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO) Induk di Convention Hall UPI YPTK Padang. Dekan FPK UNP Dr. Suryanef, M.Si., dan Ketua APIO Induk Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog, menandatangani nota kerjasama.Kamis, 3 November 2023, naskah kerjasama ditandatangani. Untuk melanjutkan kerja sama ini, FPK UNP dan APIO Induk akan menyelenggarakan Workshop Teknik Coaching pada hari Jumat, 3 November 2023 di Ruang Sidang Senat UNP. Apin Aviyan, S.Psi., M.Psi., akan menjadi narasumber.

Sebanyak 50 orang, termasuk akademisi, birokrat, ASN, dan karyawan swasta, serta anggota APIO Sumatera Barat, menghadiri seminar tersebut. Dalam sambutan, Dr. Suryanef, M.Si, Dekan FPK UNP, menyatakan rasa terima kasihnya kepada APIO Induk atas kepercayaannya untuk bekerja sama dalam pelaksanaan workshop yang sangat penting untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk memaksimalkan kinerjanya untuk mencapai tujuan organisasi.Selain itu, dia menyatakan bahwa coaching sendiri saat ini digunakan untuk pengembangan karyawan baik di perusahaan maupun di pemerintahan.

Target Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi adalah untuk mengembangkan kompetensi SDM pemerintah secara sistematis menjadi Smart ASN selambat-lambatnya pada tahun 2024. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, teknik coaching digunakan.Workshop ini relevan dan penting karena pelaksanaan coaching membutuhkan coach yang kompeten.

Pada akhir sambutannya, Dekan berharap dapat bekerja sama dengan APIO dalam mengembangkan kurikulum Prodi Psikologi, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang sesuai dengan organisasi dan dunia kerja.Ketua APIO Induk juga mengapresiasi sikap FPK UNP yang responsif dalam kerja sama. Ini membantu pelaksanaan program dan kemajuan APIO sesuai dengan slogannya yang Kontributif, Kolaboratif, dan Inspiratif, terutama dalam hal pengembangan sumber daya manusia di bidang industri dan organisasi.

Selain itu, ia berharap FPK dan APIO terus bekerja sama untuk memenuhi tridharma perguruan tinggi dan mengembangkan asosiasi profesi di Himpunan Psikologi (HIMPSI).Workshop Teknik Coaching, yang digawangi oleh narasumber Apin Aviyan, berjalan dengan baik. Dimulai dengan diskusi tentang hakikat coaching, keuntungan, metode pelaksanaan, dan berbagai hal terkait lainnya, termasuk coaching itu sendiri. Peserta sangat antusias mengikuti workshop dan bertanya banyak pertanyaan karena mereka ingin tahu lebih banyak.

Apin juga menyatakan bahwa sangat mungkin bagi peserta untuk memiliki sertifikat kompetensi coach profesional di tingkat nasional dan internasional. Selama iven workshop ini, FPK UNP dan APIO saling bertukar cendera mata. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini