Kembangkan UMKM, Prof. Drs Zelhendri Zen Bersama LP2M UNP Lakukan Pengabdian Masyarakat di Nagari Pauh Kamba

×

Kembangkan UMKM, Prof. Drs Zelhendri Zen Bersama LP2M UNP Lakukan Pengabdian Masyarakat di Nagari Pauh Kamba

Bagikan berita
Foto Kembangkan UMKM, Prof. Drs Zelhendri Zen Bersama LP2M UNP Lakukan Pengabdian Masyarakat di Nagari Pauh Kamba
Foto Kembangkan UMKM, Prof. Drs Zelhendri Zen Bersama LP2M UNP Lakukan Pengabdian Masyarakat di Nagari Pauh Kamba

KUPASONLINE.COM - Hari Minggu 24 September 2023 menjadi saksi pelaksanaan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang diselenggarakan oleh Prof. Drs. Zelhendri Zen, M.Pd, PhD bersama LP2M UNP dan Nagari Pauh Kamba Kab.Padang Pariaman bersama-sama melaksnaakan kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyrakat dan langkah konkret Akademisi UNP dalam mendukung dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah Kanagarian Pauh Kamba, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatna ini sudah dilaksanakan sejak sebulan sebelumnya dan berakhir pada awal bulan Oktober 2023 ini.Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah praktisi dan akademisi terkemuka, yang datang dari Universitas Negeri Padang sebagai Pelaksana Utama dan didukung oleh akademisi dan praktisi UMKM dari Universitas Sumatera Barat Pariaman dan IAI Sumbar Pariaman, serta para praktisi muda UMKM Padang Pariaman. Mereka bergabung dalam mendukung upaya pengembangan produk unggulan daerah .

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah pelatihan tentang penguatan strategi untuk meningkatkan kualitas produksi UMKM yang dipimpin oleh Dr. Novi Yanti, SE, MM.Para peserta juga mendapatkan wawasan tentang pengingkatan mutu produksi sesuai standar produksi selama mengikuti pelatihan tersebut.

Dalam pendampingan ini, Tokoh Nagari setempat memberikan sambutan tentang tentang pentingnya membangun strategi efisiensi produksi dan penjualan produk dalam meningkatkan kualitas produk UMKM. Oleh karena itu program yang di selenggarakan oleh Prof.Drs. Zelhendri Zen, M.Pd PhD yang didanai dari dana hibah LP2M Universitas Negeri Padang perlu kita sambu dengan baik dan ikuti dengan sungguh-sungguh dalam upaya kita meningkatkan produksi UMKM yang berkualitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Masyarakat pelaku UMKM di Nagari ini.

Transformasi pemasaran konvensional ke pemasaran digital dalam memasarkan produk UMKM juga menjadi sorotan dalam materi yang disampaikan oleh Nora Afnita, M.Pd. Para peserta mendapatkan wawasan tentang cara memanfaatkan teknologi dan internet untuk memasarkan produk mereka secara lebih efisien yang juga diperkuat oleh Dr. Farida Ariani membahas strategi penguatan pemasaran produk online dan strategi packaging.Dalam era digital ini, peran branding dan kemasan produk semakin penting. Acara ini juga mencakup pendampingan kepemimpinan usaha UMKM dengan memperkuat materi manajemen kepemimpinan wirausaha UMKM yang disampaikan oleh Drs. Zelhendri Zen, MPd, PhD.

Para peserta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana mengelola usaha mereka dengan baik.Selain dari kalangan akademisi, materi juga diberikan oleh praktisi UMKM yang telah sukses, seperti Bapak Syamsuar dan Ibu Mayangsari. Mereka berbagi pengalaman dan pandangan tentang dunia UMKM yang penuh tantangan.

Prof. Drs. Zelhendri Zen, M.Pd, PhD, selaku penyelenggara acara, menyampaikan, "Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah ini merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan mutu produksi, packaging, pemasaran, penjualan, dan pendapatan usaha UMKM. Dengan dukungan berbagai pihak, kita yakin UMKM di daerah ini akan semakin berkembang dan mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif."Sebagai penutup, Prof. Drs. Zelhendri Zen, M.Pd, PhD, menggarisbawahi pentingnya kerja sama antara akademisi, praktisi, dan pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan dan peluang di era globalisasi.

Ia juga menekankan bahwa program seperti PPPUD adalah langkah nyata untuk mendukung visi dan misi pembangunan daerah yang lebih berdaya, berwirausaha, dan berdaya saing.Semangat kolaborasi dan semangat untuk terus belajar dan berinovasi adalah kunci bagi pertumbuhan ekonomi dan perkembangan daerah.

Harapan kedepannya adalah agar program-program semacam ini terus ditingkatkan dan diperluas untuk mendukung lebih banyak UMKM dalam mencapai potensi maksimal mereka dan mendukung perkembangan ekonomi daerah.Acara ini mendapat sambutan hangat dari peserta dan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk perkembangan UMKM di Kabupaten Padang Pariaman.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh, diharapkan UMKM setempat dapat menjadi lebih kompetitif dan berhasil di tingkat nasional maupun internasional. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini