Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Kukuhkan Pengurus PGMNI Kabupaten Pesisir Selatan

×

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Kukuhkan Pengurus PGMNI Kabupaten Pesisir Selatan

Bagikan berita
Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar saat mengukuhkan PGMNI di Aula Raudhah Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan pada hari senin (16/10) kemarin.
Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar saat mengukuhkan PGMNI di Aula Raudhah Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan pada hari senin (16/10) kemarin.

KUPASONLINE.COM Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar, menghadiri san mengukuhkan pengurus Guru Madrasah Nasional Indonesia (PGMNI) masa bakti 2023-2028 di Aula Raudhah Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan pada hari senin (16/10) kemarin.Kegiatan itu, dihadiri PW PGMNI Sumbar yang diwakili Bendahara Umum Suhandis, Kepala Kemenag Pessel Abrar Munanda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Salim Muhaimin, Ketua PGRI Pesisir Selatan, pejabat struktural dan fungsional di Kemenag Pessel, serta para undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat nilai-nilai norma dalam meningkatkan sumber daya manusia.Saya sangat senang sekali Pak Kemenag. Mudah mudahan dengan gerak cepat kawan kawan kita ini bisa memperkenalkan daerah kita. Dan kita harus tetap bersinergi tentang perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia untuk kedepanya, ungkap Bupati.

Sampai hari ini dirinya tidak melihat dikotomi antara sekolah pendidikan madrasah dengan pendidikan sekolah umum di daerahnya, dan itu semua sama sama guru, lanjut Bupati.Ia pun merestui perbedaan itu ada. Tapi harus ada ujungnya yang akan mempertemukan dua kutub untuk menjadi satu kekuatan pembangunan Sumber Daya Manusia.

Perbedaan itu harus kita kenali apa yang ada disekolah madrasah dan apa yang ada di sekolah umum. Perbedaan inilah yang akan saling melengkapi, bagaimana daerah Pesisir Selatan ini, anak anak lebih berkualitas kedepannya, jelasnya.Kawan kawan yang baru dilantik ini betul betul bisa berkonsentrasi, serius mengemban tugas mulia ini. Berhimpunlah kita secara bersama sama. Tapi berhimpun bukan untuk memisahkan diri dari kelompok kelompok yang lain, tapi kelompok membangun suatu kekuatan. Tapi kekuatan yang berbeda itu akan satu membangun yang lebih baik anak anak kita di masa yang akan datang, harapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengucapkan terimakasih banyak atas kehadiran Bupati Pesisir Selatan. Sebab, kata Abrar, tiada hari tampa kesibukan yang dijalani sehari hari dari pagi sampai sore itu, guna memotivasi dan memberikan semangat serta penguatan dan pencerahan kepada kita semua.Abrar menyebut, bahwasanya Bupati Pessel ini sejatinya adalah insan pendidikan, beliau juga seorang guru dan sampai hari ini tetap sebagai seorang guru.

Guru bagi kita semua yang memberi ayoman kepada kita. Nafas beliau juga nafas guru dan takdir Allah SWT menghantarkan beliau. Disamping seorang guru juga menjadi pemimpin di Kabupaten Pesisir Selatan.Mari kita doa kan beliau tetap sehat, tetap semangat dan terus memimpin kita, ucapnya.

Kemudian, kata Abrar, dengan semangatnya PW PGMNI Sumbar itu, setelah mengikuti pengukuhanya di tingkat Provinsi tentunya akan termotivasi juga bagi pengurus daerah PGMNI Kabupaten untuk melaksanakan tugas tugasnya. Yaitu apa langkah langkah yang ditempuh dan strategi apa untuk penguatan bagi guru guru madrasah.Saya orangnya Qiar. Silahkan bernarasi panjang tapi responnya harus cepat. Tinggal lagi aksi kita salah satunya adalah sebuah tantangan bagaimana kita Kabupaten Pesisir Selatan lahir pendidikan berprestasi akademik dan juga bagi siswa siswa yang kita didik. Dan Inilah harapan kita, ujarnya.

Selain itu, Abrar, juga menyampaikan bahwasanya Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan menorehkan berbagai prestasi atas pencapaian kinerja baik itu di kantor, KUA dan juga Madrasah.Sekarang kantor Kemenag Pessel menjadi inovasi satu satunya Kemenag RI dalam pelayanan publik yang dinilai oleh Kementerian-Pan RI melalui Jendala Hati. Dan sekarang kita menunggu pengumuman dari KementerianPAN-RB, sebagai unit pelayanan publik pelopor ramah kelompok rentan, kata dia.

Ia membeberkan, saat ini ada lima yang diberikan kepercayaan oleh Kementerian Agama Pusat untuk dinilai itu, yaitu: Kanwil Kementerian Agama Yogyakarta, Kemenag Pessel, Bali, Karang Asem (termasuk Bali) dan Purbalingga (Jawa Tengah).Diluar Jawa dan Madura Kementerian Agama pusat kepercayaan pada Pesisir Selatan, ujarnya.

Abrar juga mengatakan untuk penganugerahan guru dan tenaga kependidikan Awards 2023, peserta yang terbanyak itu adalah dari Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 39 orang.Dari 39 orang itu adalah 5 kepala madrasah dan 34 orang guru. Kita berharap akan lahir terbaik yang akan memotivasi dan fungsinya, tutupnya.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini