Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Menerima Dewi Sartika Awards

×

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Menerima Dewi Sartika Awards

Bagikan berita
Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menerima Penghargaan Dewi Sartika Awards dari Yayasan Guru Belajar di Basketball Hall, Gelora Bung Karno, Jakarta pada hari Sabtu (21/10). (Foto : Humas Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan).
Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menerima Penghargaan Dewi Sartika Awards dari Yayasan Guru Belajar di Basketball Hall, Gelora Bung Karno, Jakarta pada hari Sabtu (21/10). (Foto : Humas Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan).

KUPASONLINE.COM - Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menerima Penghargaan Dewi Sartika Awards dari Yayasan Guru Belajar, yang diberikan saat perhelatan puncak Temu Pendidik Nusantara X di Basketball Hall, Gelora Bung Karno, Jakarta pada hari Sabtu 21 Oktober 2023.Lima Bupati lainnya juga menerima penghargaan tersebut karena mendukung pergerakan guru di daerahnya masing-masing dalam membentuk ekosistem yang merdeka belajar.

Enam bupati itu diantaranya, Rusma Yul Anwar (Pesisir Selatan), Syah Afandin (Langkat),Ilham Syah Azikin (Bantaeng), Paolus Hadi (Sanggau), dan lainnya.

Ini sebuah pengakuan pada individu, organisasi, dan pemerintah daerah, yang telah berkontribusi dalam perubahan pendidikan merdeka belajar, kata Bukik Setiawan, ketua Yayasan Guru Belajar dalam kesempatan tersebut.Selain Dewi Sartika Awards, dalam kesempatan itu juga diberikan "Ki Hajar Dewantara Awards" kepada individu yang memilih jalan menjadi guru dengan penuh kesungguhan mempraktikkan pembelajaran yang berpihak pada anak.

Seterusnya, Rohana Kudus Awards yang diiberikan kepada individu yang terus berkarya menyebarkan praktik baik sehingga dapat menjadi sumber inspirasi bagi seluruh ekosistem pendidikan, dan Mohammad Syafei Awards untuk organisasi profesi yang aktif berkolaborasi untuk mewujudkan ekosistem merdeka belajar.Guru terlalu banyak beban, terlalu sedikit penghargaan. Adanya apresiasi ini diharapkan bisa penguat untuk guru untuk terus melanjutkan perjuangan, perubahan pembelajaran yang melampaui ruang kelas, jelas Bukik.

Bukik berharap, apresiasi menjadi standar yang bisa diteladani dalam dunia pendidikan.Apresiasi bukanlah reward, melainkan pengakuan dan penguatan untuk mereka yang telah bekerja keras mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada anak.

Sebelum menjadi Bupati di Pesisir Selatan, Rusma Yul Nawar memiliki pengalaman panjang di dunia pendidikan, dirinya pernah mengajar di Payakumbuh hingga menjadi kepala sekolah di Painan, Pesisir Selatan.Rusma Yul Anwar mengatakan, pengalaman tersebut sangat berharga karena membuatnya memahami betapa pentingnya peran guru. Namun, guru juga membutuhkan dukungan dari banyak pihak, termasuk pemerintah daerah.

Saya berterima kasih dan mengapresiasi sebesar-besarnya pada guru-guru di Pesisir Selatan, yang tanpa disuruh, tanpa diminta, memiliki inisiatif untuk terus belajar agar kompetensinya meningkat, agar pendidikan di Pesisir Selatan terus membaik, kata Rusma Yul Anwar.Selain hadir menerima penghargaan, kehadiran Bapak Bupati Pesisir Selatan juga untuk mendampingi 39 guru dari daerahnya tersebut yang belajar di puncak Temu Pendidik Nusantara X.

Di acara ini, ada empat tim dari Pesisir Selatan yang mengikuti Cerdas Cermat Guru level nusantara, sebuah upaya dari Yayasan Guru Belajar untuk meningkatkan kompetensi guru melalui cara yang seru, tambahnya.Semangat belajar 39 guru ini perlu diapresiasi. Mereka melakukan perjalanan darat ke Jakarta. Guru yang bergerak ini sangat mendukung perubahan pendidikan di Pesisir Selatan, tutupnya. (Zan)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini