Camat Sutera Salman Alfarisi Brutu Menghadiri Musrenbang Nagari Surantih

×

Camat Sutera Salman Alfarisi Brutu Menghadiri Musrenbang Nagari Surantih

Bagikan berita
Camat Sutera Salman Alfarisi Brutu saat menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan Musrenbang Nagari Surantih pada Rabu (18/10) pagi di Aula Kantor Nagari Surantih.
Camat Sutera Salman Alfarisi Brutu saat menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan Musrenbang Nagari Surantih pada Rabu (18/10) pagi di Aula Kantor Nagari Surantih.

KUPASONLINE.COM - Camat Sutera Salman Alfarisi Brutu menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRESNBANG) Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan pada Rabu 18 Oktober 2023 pagi di Aula Kantor Nagari Surantih.Camat Sutera dalam sambutannya mengatakan, jika salah merencanakan maka akan fatal akibatnya, pembangunan yang akan dilakukan pada nagari ini untuk tahun 2024 yang direncanakan harus matang.

Karena jika salah dalam perencanaan maka akan fatal akibatnya, begitu pentingnya acara kita pada hari ini, kata Camat.Salman melanjutkan, bagaimana cara kita merencanakan sesuatu jika kita tidak tau apa yang akan dilakukan, visi dan misi nagari itu ada, apapun yang kita rencanakan menyesuaikan itu, kebanyakan nagari yang gagal karena tidak menyesuaikan itu.

Perencanaan yang matang itu sudah 50 persen mendekati keberhasilan, tapi kalau sebaliknya jika perencanaan kita tidak matang maka kegagalan sudah kita dapatkan 50 persen, ucapnya.Ia menjelaskan, dana Desa itu satu Nagari satu milyar, bunyinya besar tapi kondisinya sampai saat ini ternyata tidak bisa kita gunakan seluruhnya atas kehendak kita, namun seluruh peruntukan penggunaannya sudah diatur dari atas.

Mudah mudahan 2024 ada regulasi atau aturan yang lebih pro ke kita, supaya kita lebih leluasa menggunakan dana desa sesuai dengan kebutuhan dari nagari kita masing-masing, sambungnya.Wali Nagari Surantih Amsuardi mengatakan bahwa nagari surantih ini memiliki potensi yang besar untuk dijadikan tempat wisata.

Kita banyak memiliki pantai-pantai yang indah, dan tidak kalah indah dari wisata yang ada ditempat lain, ucapnya.Dari waktu musnag masing-masing kita mengusulkan, namun karena dana kita sedikit namun usulan banyak, maka diambil usulan yang dianggap prioritas saja, tambahnya.

Adapun yang menjadi prioritas dalam pembahasan rancangan pembangunan Nagari dalam Musrenbang Nagari Surantih tahun 2024 sebagai berikut :Pembangunan jalan wisata dan pengembangan wisata kawasan sempadan pantai Samudera Pasar Surantih.

Pembangunan jalan wisata dan pengembangan wisata kawasan sempadan Gunung Rajo ke Batu Mendamai Sungai SirahPembangunan jalan Pariwisata dan pengembangan wisata kawasan sempadan Pasir Jambak ke Basung Harapan

Pembangunan jalan TPI penyebranganPembangunan pengelolaan sampah

Maka dari itu untuk pembangunan Nagari Surantih tahun 2024 nanti akan lebih kita prioritaskan untuk mengembangkan wisata kita yang ada, agar Nagari kita menjadi tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan, tutupnya. (Zan)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini