FPK-UNP Adakan Capping Day dan Janji Mahasiswa D-3 Keperawatan

×

FPK-UNP Adakan Capping Day dan Janji Mahasiswa D-3 Keperawatan

Bagikan berita
FPK-UNP Adakan Capping Day dan Janji Mahasiswa D-3 Keperawatan. (Foto: Humas Universitas Negeri Padang)
FPK-UNP Adakan Capping Day dan Janji Mahasiswa D-3 Keperawatan. (Foto: Humas Universitas Negeri Padang)

KUPASONLINE.COM - Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menyelenggarakan Capping Day dan Janji Mahasiswa Program D-3 Keperawatan. Setelah kegiatan tersebut, 117 mahasiswa akan melakukan praktik keperawatan di rumah sakit dan puskesmas di seluruh Provinsi Sumatera Barat. Kamis, 12 Oktober 2023, acara tersebut diadakan di Aula FMIPA UNP.Salah satu kegiatan khas Prodi dalam keperawatan adalah Capping Day. Ini adalah acara seremonial di mana mahasiswa keperawatan mengucapkan janji untuk bekerja di dunia nyata. Dengan kata lain, siswa dievaluasi mampu melakukan praktik di klinik, puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Departemen Keperawatan, Dr. Linda Marni, S.Pd., S.Kep., M.Kes. dalam laporannya kepada Rektor Universitas Negeri Padang. Lebih lanjut dalam laporannya juga disampaikan bahwa mahasiswa akan menjalani praktik di berbagai rumah sakit, diantaranya : (1) RS. M.Jamil; (2) RSUD Padang Panjang; (3) RSUD Pariaman; (4) RSUD Padang Pariaman; (5) RS Aisyiah Pariaman; (6) RST Reksodiwiryo Padang; (7) RSJ Prof. HB. Saanin Padang; dan (8) Puskesmas se Kota Pariaman.Ns. Meta Seprinel, S.Kep., MM., Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Sumatera Barat, juga memberikan sambutan di acara tersebut.

Meta Seprinel berterima kasih atas kemajuan Prodi Keperawatan Universitas Negeri Padang. Dia juga mengapresiasi kesiapannya untuk bersaing dengan lulusan keperawatan lainnya dari universitas swasta dan negeri.Ketua DPW PPNI Provinsi Sumatera Barat juga mengatakan bahwa dia berharap semua mahasiswa yang menjalani praktik memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar menjadi perawat profesional. Praktek ini adalah metode pembelajaran yang sebenarnya, dan setiap siswa memiliki manfaatnya. Ini adalah penutup sambutannya.

Namun, Rektor UNP, yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Refnaldi M.Litt., meminta semua siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik di era yang kompetitif ini. Selain itu, tenaga kesehatan, termasuk keperawatan, memiliki kemampuan untuk menjangkau pasar kerja global.Menurutnya, UNP telah bekerja sama dan menandatangani MoU dengan PT. Jepang Edukasi Akademi untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan lulusan Prodi Keperawatan untuk melakukan magang atau bekerja sebagai perawat di rumah sakit di Jepang.

Selain itu, Wakil Rektor I mengingatkan mahasiswa agar pada akhirnya mereka dapat menjadi perawat yang mencintai profesinya, bekerja secara tulus, dan menunjukkan sifat humanis saat memberikan layanan.Dekan FPK Dr. Suryanef, M.Si. dalam pernyataannya kepada Tim Humas UNP mengungkapkan keyakinannya bahwa Prodi Keperawatan UNP akan terus berkembang, apalagi saat ini juga telah memiliki S1-Keperawatan serta Pendidikan Profesi Ners sebagai upaya memberikan kontribusinya bagi peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan khususnya perawat yang secara faktual masih kurang di Sumatera Barat.

Suryanef juga berharap agar para mahasiswa yang akan menjalani praktik bersungguh-sungguh menjalaninya guna membangun hard dan soft skill sebagai calon perawat yang profesional.Pasar kerja tenaga kesehatan masih terbuka lebar, bahkan untuk pasar kerja internasional, diantaranya Jepang dan Jerman yang juga masih kekurangan tenaga kesehatan.

Untuk menghadapi pasar kerja yang sangat kompetitif, mahasiswa harus membangun kompetensi yang diperlukan. Dekan juga meminta semua orang memahami arti Capping Day dan Janji Mahasiswa untuk menjadi calon perawat yang ramah dan kasih sayang sebagai komitmen mereka untuk melayani pasien. Di akhir percakapan, Dekan FPK menyatakan bahwa tingkat kelulusan UKOM mahasiswa D3-Keperawatan UNP selalu tinggi, mencapai 95%.Kegiatan Capping Day dan Janji Mahasiswa Keperawatan juga dihadiri oleh Wakil Dekan, Pimpinan Departemen, dan para dosen dari FPK. Acara berlangsung khidmat dan meriah dengan penampilan solo dan duet mahasiswa. Selain itu, para dosen dan penampilan khusus dari Ketua DPW PPNI Sumatera Barat, Dekan FPK, dan Wakil Dekan Departemen Keperawatan serta Wakil Rektor 1 UNP(*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini