Terkait Program Ketahanan Pangan: Dua Saluran Irigasi dengan Dana Desa Tuntas dikerjakan di Nagari Campago

×

Terkait Program Ketahanan Pangan: Dua Saluran Irigasi dengan Dana Desa Tuntas dikerjakan di Nagari Campago

Bagikan berita
Pembangunan Saluran Irigasi yang sudah selesai di Korong Kampung Dalam
Pembangunan Saluran Irigasi yang sudah selesai di Korong Kampung Dalam

LIPUTAN KHUSUSKUPASONLINE.COM - Pembangunan saluran Irigasi di Nagari Campago sudah selesai dikerjakan akhir minggu ke tiga Juli 2023.

Dengan demikian, secara berangsur-angsur telah dapat mengurai persoalan peningkatan fisik saluran irigasi konvensional ke betonisasi di Nagari Campago Kec.V koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.Dua saluran irigasi yang dibangun dengan dana desa tahun 2023 yang sudah selesai tersebut sekaitan dengan program ketahanan pangan.

Anggaran pembangunan saluran irigasi di Bukik Caliak Rawang, Korong Bukik Caliak Rawang Nagari Campago sepanjang 135 meter, dengan dana Rp104.848.000,-.Sementara di Sabiah Kampung Dalam nagari yang sama, saluran irigasi yang sudah selesai itu dikerjakan dengan dana desa Rp127.351.500,-, sepanjang 150 meter.

[caption id="attachment_52875" align="alignnone" width="584"]Pembangunan Saluran Irigasi yang sudah selesai di Korong Kampung Dalam Pembangunan Saluran Irigasi yang sudah selesai di Korong Kampung Dalam[/caption]Peningkatan pembangunan saluran irigasi itu tentu disambut positif oleh petani dengan harapan kebutuhan air untuk padi sawah mereka akan terairi secara maksimal.

Dan pembangunan saluran irigasi yang sudah selesai itupun dapat terlihat sacara kasat mata.Luas sawah di Nagari Campago saat ini tidak kurang dari 128 hektar, namun masih ada juga saluran irigasi konvensional untuk mengairi lahan sawah petani.

Terkait hal tersebut, Pemerintahan Nagari Campago secara bertahap terus berupaya untuk meningkatkan saluran irigasi konvensional menjadi permanen.Sebagaimana dikatakan Kasi Kesra Pemerintahan Nagari Campago, Sabri, Selasa 12 September 2023, kepada Kupansonline, sesuai tahun berjalan diupayakan untuk peningkatan pembangunan saluran irigasi permanen secara bertahap.

Mudah-mudahan peningkatan pembangunan saluran irigasi yang sudah dilaksanakan selama ini meningkatkan panen padi petani sesuai harapan, akhirnya meningkatkan kesejahteraan.Mengenai pembangunan saluran irigasi yang sudah dilaksanakan dan selesai, tindak lanjutnya seperti perawatanya tentu berada ditangan petani.

"Tahun depan Pemerintahan Nagari Campago akan anggarkan lagi melalui dana desa untuk membangun saluran irigasi permanen di lokasi lain di nagari tersebut," kata Sabri, Kasi Kesejahteraan.(Tre's)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini