7 Deretan Tempat Wisata Viral di Kabupaten Limapuluh Kota

×

7 Deretan Tempat Wisata Viral di Kabupaten Limapuluh Kota

Bagikan berita
Wisata Kampung Eropa Payakumbuh
Wisata Kampung Eropa Payakumbuh

Bahkan daerah ini menjadi Ibukota Republik Indonesia pada masa pemerintahan PDRI (1948-1949). Kampung Sarugo menjadi Juara II pada Ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020 yang lalu untuk Kategori Kampung Adat Terpopuler.

3. Kapalo Banda & Hutan Pinus Wakanda

[caption id="attachment_52842" align="alignnone" width="711"] Kapalo Banda. (Foto: Dok istimewa) Kapalo Banda. (Foto: Dok istimewa)[/caption]

Kapalo Banda merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat yang populer di media sosial.Destinasi wisata yang satu ini memiliki sejarah yang inspiratif dan berdampak positif khususnya bagi masyarakat sekitar.

Konsep utamanya adalah wisata air yang berlokasi di sebuah Nagari Wisata Taram (Desa Wisata) yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang memanjakan pengunjung.Wakanda Taram terdiri dari berbagai tempat wisata, antara lain bendungan berundak yang kerap jadi latar foto, hutan pinus, Air Terjun Sarosah Tujuah Tingkek, sungai, pemandian Tapian Puti, dan Puncak Wakanda.

4. Goa Ngalau Indah

[caption id="attachment_52843" align="alignnone" width="532"]sejarah ngalau indah Payakumbuh.(Foto: Dok istimewa) sejarah ngalau indah Payakumbuh.(Foto: Dok istimewa)[/caption]

Jika Anda sedang melewati jalur Payakumbuh, tidak ada salahnya untuk mampir ke sebuah rest area unik di sana. Namanya Rest Area Ngalau Indah Payakumbuh. Dikatakan unik karena di sana terdapat tempat wisata Ngalau Indah.Kawasan wisata ini berupa lorong gua yang melingkari Kota Payakumbuh. Kabarnya, tempat tersebut sudah lama menjadi tujuan wisata bagi masyarakat sekitar dan juga wisatawan luar daerah.

Payakumbuh memang serupa dengan Bandung yang memiliki berbagai dataran tinggi dan pegunungan yang eksotik. Beberapa gunung yang terkenal di sini antara lain Gunung Sago, Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

5. Padang Rumbut Padang Mangateh

[caption id="attachment_35282" align="alignnone" width="700"]Padang Mangateh, Kabupaten Limapuluh Kota. (Foto: Wikipedia) Padang Mangateh, Kabupaten Limapuluh Kota. (Foto: Wikipedia)[/caption]Tidak banyak yang mengetahui jika daerah Sumatera Barat memiliki kawasan ladang peternakan yang terlihat mirip dengan salah satu wilayah di luar negri.

Bernama Padang Mangateh, ladang dengan hamparan hijaunya rumput ini menjadi tempat favorit untuk berwisata edukasi bagi anak-anak.Pesona keindahan alam dengan latar belakang deretan perbukitan dan sebuah gunung yang menawarkan pun menjadi daya daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini.

Tak jarang wisatawan yang mengunjungi ladang peternakan ini, sengaja datang hanya untuk mengabadikan setiap momen dengan keindahan yang tersuguhkan.Jarak lokasi wisata Padang Mangatas dari pusat kota terdekat pun tidak terlalu jauh, sehingga dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi wisatawan dengan mudah.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini