7 Deretan Tempat Wisata Viral di Kabupaten Limapuluh Kota

×

7 Deretan Tempat Wisata Viral di Kabupaten Limapuluh Kota

Bagikan berita
Wisata Kampung Eropa Payakumbuh
Wisata Kampung Eropa Payakumbuh

KUPASONLINE.COM - Pada artikel ini akan berisi informasi mengenai tempat wisata di Kabupaten Limapuluhkota.Kabupaten Limapuluh Kota adalah sebuah daerah yang berada di Sumatera Barat.

Daerah ini masih terjaga kelestarian alamnya yang memiliki pemandangan yang asri dan juga sejuk.Kabupaten Limapuluh Kota memiliki luas wilayah 3.354 kilometer persegi.

Limapuluh Kota kaya akan wisata alam yang indah, tak hanya itu ada juga wisata sejarah dan budaya yang gak kalah menarik untuk dijelajahi.Nah kali ini Kupasonline.com akan merekomendasikan kepada kamu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

7 Tempat Wisata Viral yang Ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

1. Jembatan Layang Kelok 9

[caption id="attachment_40364" align="alignnone" width="678"]Panorama Keindahan Jalan Kelok 9. (Foto:phinemo.com) Panorama Keindahan Jalan Kelok 9. (Foto:phinemo.com)[/caption]Kelok 9 merupakan jembatan layang terindah di Indonesia.

Ruas jalan yang berkelok sepanjang 2,7 kilometer ini terletak di Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat.Jalan yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau bukan hanya sekadar jalur lalu lintas kendaraan, tapi juga jadi objek wisata karena bentuknya yang keren dan pemandangan sekitarnya sangat indah.

Banyak orang yang menyempatkan diri untuk foto-foto di lokasi. Pemerintah mulai membangun jembatan Kelok 9 sejak tahun 2003 lalu dan diresmikan pada bulan September 2013.

2. Kampuang Sarugo (Saribu Rumah Gonjong)

[caption id="attachment_52841" align="alignnone" width="600"]Kampuang Sarugo (Saribu Rumah Gonjong). (Foto: Dok istimewa) Kampuang Sarugo (Saribu Rumah Gonjong). (Foto: Dok istimewa)[/caption]Dalam bahasa Minang, surga disebut dengan sarugo. Tapi, sarugo dalam tulisan ini merupakan akronim dari "Saribu Gonjong".

Gonjong sendiri adalah corak rumah adat Minang yang disebut juga "rumah gadang" dengan atap yang khas, mirip tanduk kerbau.Nah, Kampung Sarugo adalah nama yang disematkan untuk sebuah kawasan yang masih memiliki banyak rumah gadang, sesuatu yang mulai langka di Sumatera Barat.

Kampung ini terletak di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Mas, Kabupaten 50 Kota, atau sekitar 48 km sebelah utara kota Payakumbuh.Rumah gadang lengkap dengan gonjong semuanya berderet rapi membentuk barisan menghadap ke Masjid Raya. Kawasan ini pernah menjadi basis perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini