5 Profesi Ini Diambang Kehancuran, Robot AI Bakal Ambil Alih Pekerjaan Manusia

×

5 Profesi Ini Diambang Kehancuran, Robot AI Bakal Ambil Alih Pekerjaan Manusia

Bagikan berita
Robot Artificial Intelligence (AI). (Foto: Okozone)
Robot Artificial Intelligence (AI). (Foto: Okozone)

KUPASONLINE.COM - Kehadiran Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (AI) menjadi ancaman serius bagi berbagai pekerjaan manusia di era digital saat ini.Beberapa profesi yang berpotensi tergantikan oleh AI termasuk pekerjaan sebagai supir, penerjemah, dan lain-lain.

Baru-baru ini, saham BuzzFeed melonjak lebih dari 200 persen setelah perusahaan tersebut memutuskan untuk meningkatkan produksi konten editorialnya.Namun, BuzzFeed tidak akan menambah jumlah karyawan manusia untuk menulis artikel tambahan; sebaliknya, mereka akan memanfaatkan AI dari ChatGPT untuk menghasilkan lebih banyak konten.

Tren seperti yang diterapkan oleh BuzzFeed dalam mengurangi tenaga kerja manusia dan menggantikannya dengan AI mulai menular ke banyak perusahaan lainnya.Pertanyaannya sekarang adalah, pekerjaan apa saja yang mungkin terancam digantikan oleh AI?

5 Pekerjaan yang Akan Diambil Alih AI

1. Supir

Kendaraan listrik yang semakin canggih dan mobil otonom diperkirakan akan menggeser peran supir manusia, termasuk supir taksi dan bus.Hal ini berpotensi mengakibatkan perusahaan transportasi mengurangi jumlah karyawan manusia mereka.

2. PenerjemahSeiring dengan perkembangan teknologi, banyak platform penerjemah yang menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan akurasi dan kefasihan terjemahan.

Mungkin saja di masa depan kita dapat menerjemahkan teks tanpa bantuan manusia dengan mudah.

3. Penyunting Teks (Proofreading)Penyuntingan teks, yang mencakup deteksi kesalahan tata bahasa, susunan kata dalam kalimat, dan lainnya, juga tidak luput dari pengaruh AI.

Banyak platform proofreading kini mengandalkan teknologi AI untuk meningkatkan akurasi penyuntingan teks. Ini bisa berarti bahwa kita akan lebih sedikit bergantung pada penyunting manusia untuk mengedit tulisan.4. Layanan Pelanggan

Solusi otomatisasi layanan pelanggan yang menggunakan chatbot semakin populer di berbagai perusahaan.Keuntungannya adalah AI selalu tersedia 24/7 untuk membantu dan menjawab pertanyaan pelanggan, tanpa perlu beristirahat atau tidur.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini